Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TikTok Shop Masih Jualan, Kemendag Ungkap Janji TikTok

Kompas.com - 03/10/2023, 13:10 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) buka suara soal masih adanya layanan dagang TikTok yakni TikTok Shop.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim mengatakan, TikTok sudah bersurat ke Kemendag dan menyatakan berkomitmen untuk mengikuti semua arahan pemerintah.

"TikTok ini sudah memberikan komitmen untuk mengikuti peraturan kami," ujar Isy kepada media saat mengunjungi Pusat Grosir Cililitan (PGC), Selasa (3/10/2023). 

Baca juga: TikTok Ngeyel, Belum Patuhi Larangan Pemerintah Tutup TikTok Shop

Hanya saja ketika Kompas.com menanyakan apakah dalam komitmen itu TikTok akan memisahkan bisnis TikTok Shop ke e-commerce, Isy belum bisa menjawab. Isy hanya menegaskan TikTok baru hanya berkomitmen saja.

"Dengan mereka mengeluarkan surat ke Kemendag, biar (mereka) komitmen ikuti aturan," kara Isy.

Diberitakan sebelumnya, TikTok masih belum menutup layanan TikTok Shop meski pemerintah sudah memberikan tenggat waktu kepada TikTok untuk segera menutup layanan bisnisnya.

Baca juga: Harga di Pasar Grosir Asemka Harusnya Paling Murah, tapi Masih Kalah Miring dari TikTok Shop

Larangan tersebut ada dalam Permendag Nomor 31 Tahun 2023 yang merupakan Revisi Permendag 50 Tahun 2020 Tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik PMSE). Aturan itu sudah diundangkan sejak 26 September 2023.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di platform TikTok, Selasa (3/10/2023), layanan TikTok Shop masih ada.

Pada halaman utama TikTok Shop langsung tertera produk-produk yang diberikan promo flash sale seperti sepatu, tas, hingga baju.

Baca juga: Cerita Pemilik Toko Online, 5 Tahun Jualan, Omzet Turun 30 Persen Sejak Ada TikTok Shop

Harganya dibanderol mulai dari Rp 67.170 untuk baju dan Rp 122.222 untuk sepatu dan Rp 156.852 untuk produk tas.

Kemudian ada juga program Pasti Promo yang diberikan diskon hingga 70 persen untuk produk kecantikan, rumah tangga hingga elektronik.

Selain itu, layanan Live Shoppingnya juga masih ada. Salah satu akun dengan nama tictopfashion masih berjualan baju secara live. Pelanggan yang menonton live tersebut juga masih menanyakan seputar produk yang dijual.

Baca juga: Mendag Zulhas Minta TikTok Shop Segera Ikuti Aturan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com