Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 15 Perusahaan dengan Gaji yang Bikin Karyawan Bahagia

Kompas.com - 13/11/2023, 08:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi banyak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal tahun lalu. Meskipun demikian, perusahaan teknologi masih memiliki daya tarik karena karyawan bahagia dengan gaji yang diberikan.

Situs ulasan karyawan Comparably mengukur sentimen pekerja soal gaji mereka di sebuah perusahaan. Survei ini dilakukan mulai Agustus 2022 hingga Agustus 2023.

Perusahaan teknologi human resource (HR) bernama Workday menempati posisi pertama dan menjadi tempat karyawan merasa paling bahagia dengan gaji mereka.

Baca juga: Ini 10 Industri dengan Gaji di Atas Rata-rata Upah Buruh Nasional Per Agustus 2023

Ilustrasi gaji.SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi gaji.

Karyawan tidak hanya merasa digaji secara kompetitif di pasar, tetapi juga merasa dibayar secara adil dibandingkan dengan rekan-rekannya.

"Keadilan adalah variabel yang berkontribusi besar terhadap perasaan seseorang terhadap perusahaannya,” kata kepala sumber daya manusia di perusahaan induk Comparably ZoomInfo Chad Herring, dikutip dari CNBC, Senin (13/11/2023).

Ia menambahkan, secara umum perusahan teknologi terutama perusahaan keamanan siber mendapat nilai tinggi dalam analisis kompensasi.

Posisi berikutnya ditempat oleh Boston Consulting Group dan Uber. Perusahaan teratas ini mempertimbangkan kompensasi serta faktor-faktor seperti keseimbangan kehidupan pribadi dan pekerjaan, keselarasan, nilai perusahaan, dan manfaat holistik.

Baca juga: Daftar Industri dengan Rata-rata Gaji Tertinggi di Indonesia

Adapun Meta dan Google justru merosot dari posisi mereka pada 2022. Semula Meta berada di posisi ketiga dan Google berada pada posisi kelima. 

Herring menjelaskan, perusahaan-perusahaan yang tidak hanya memberikan besaran gaji yang baik, tetapi juga transparan mengenai skala gaji mereka di seluruh organisasi mendapatkan peringkat tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com