Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 3 Tips Nyaman Wawancara Kerja dengan "User"

Kompas.com - 15/11/2023, 12:00 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi anda yang lolos wawancara kerja (job interview) dengan HR dan user, pasti merasa senang sekali. Namun, anda harus mempersiapkan diri lebih baik agar lolos dan diterima kerja.

Mengutip dari laman resmi @JobStreet, Rabu (15/11/2023), berikut adalah beberapa tips yang harus kamu perhatikan ketika interview dengan user:

1. Jaga attitude

Attitude yang positif itu sangat penting, tidak jarang perusahaan sekarang menjadikan syarat calon kandidat harus memiliki attitude yang positif loh. Kamu harus senyum dan menjawab dengan sopan. Jawablah pertanyaan dengan jujur, jangan melebih-lebihkan. Perhatikan juga cara dudukmu. Tegak dan menghadap ke user ya.

Baca juga: Sempat Jadi Penganggur? Ini Cara Menjelaskannya Saat Wawancara Kerja

2. Buat interview senyaman mungkin

Kamu harus menjawab pertanyaan seramah mungkin. Tidak ada salahnya jika kamu bertanya saat hening. Hening yang dimaksud ialah saat user tidak bertanya dan kamu juga telah selesai menjawab pertanyaannya. Dengan begitu, user juga akan terbawa suasana dan akhirnya nyaman.

3. Anggap user sebagai teman

Bukan berarti kamu bisa menganggap user itu sebagai teman sungguhan, tetai anggap user sebagai teman barumu yang ingin mengenalmu lebih dalam. Tapi ingat, harus tetap tahu batasannya.

Baca juga: Jangan Bohong Jawab 4 Pertanyaan Ini Saat Wawancara Kerja

Kalau bisa tetap memakai kata “saya” daripada “aku”, jangan karena terlalu nyaman malah jadi mempengaruhi penilaianmu yang bisa membuatmu ditolak oleh perusahaan.

Demikian, tips wawancara kerja dengan user. Jika sudah tahu apa saja yang perlu kamu siapkan untuk interview user, siapkan nyalimu ya! Yakinlah terlebih dahulu kalau kamu bisa.

Baca juga: Simak 3 Tips Menjawab Pertanyaan Deskripsi Diri Saat Wawancara Kerja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com