Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung Desember 2023, Dijual Mulai Rp 200.000

Kompas.com - 24/11/2023, 21:10 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) kembali memberikan promo harga atau diskon tiket kereta cepat Jakarta Bandung atau kereta cepat Whoosh yang berlaku selama bulan Desember 2023.

Dilansir dari informasi resmi, harga tiket kereta cepat Jakarta Bandung pada bulan Desember dibanderol mulai dari Rp 200.000, dari harga tiket normal Rp 300.000 untuk sekali perjalanan.

Untuk diketahui, pada hari Senin sampai Kamis untuk kelas ekonomi premium, tiket akan dijual seharga Rp 200.000, sedangkan pada hari Jumat sampai Minggu dijual seharga Rp 250.000.

Seluruh tarif tersebut sudah termasuk perjalanan kereta api (KA) Feeder gratis dari Stasiun Padalarang menuju Stasiun Bandung maupun sebaliknya.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh via Aplikasi Livin Mandiri

Lebih lanjut, pembelian tiket kereta cepat Jakarta Bandung atau Whoosh bisa dilakukan melalui aplikasi Whoosh, web https://ticket.kcic.co.id, loket stasiun, dan ticket vending machine.

Pembelian tiket juga bisa dilakukan pada juga sejumlah mitra resmi seperti aplikasi Access by KAI, Livin' by Mandiri, dan BRImo.

Selain itu, tersedia layanan pemesanan tiket kereta cepat Jakarta Bandung melalui WhatsApp bagi rombongan minimal 20 orang.

Baca juga: Harga Tiket Kereta Cepat Whoosh Rp 300 Ribu, Ini Cara Belinya

 

Jumlah perjalanan kereta cepat Jakarta Bandung (Whoosh)

Pada bulan Desember akan terdapat 40 perjalanan per hari pada Senin sampai Kamis dan 48 perjalanan per hari pada Jumat sampai Minggu.

Direktur Utama KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, penerapan tarif promo dan penambahan perjalanan pada bulan Desember 2023 dilakukan untuk memberikan kesempatan yang lebih banyak pada masyarakat yang ingin menggunakan Kereta Cepat Whoosh sebagai moda transportasi pilihan.

"Kereta Cepat Whoosh adalah layanan kereta komersial sehingga penetapan tarifnya akan menggunakan strategy dynamic pricing dan mengikuti demand penumpang, saat high season atau low season," kata Dwiyana dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (24/11/2023).

Baca juga: 3 Cara Beli Tiket Kereta Cepat Whoosh

Destinasi wisata gratis

Saat ini, PT KCIC telah bekerjasama dengan sejumlah lokasi wisata populer di area Bandung seperti wisata Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market Lembang, The Great Asia Africa, wisata Tepi Danau, dan wisata Tepi Kota Healing.

Di lokasi-lokasi wisata tersebut, tersedia berbagai promo gratis masuk dengan menggunakan tiket kereta cepat Whoosh.

Bahkan, khusus untuk wisata Dusun Bambu, penumpang bisa menggunakan shuttle gratis dari Stasiun Padalarang.

Baca juga: KCIC Tebar Promo, Penumpang Kereta Cepat Gratis Masuk 3 Wisata Ini

Selain itu, untuk kemudahan akses stasiun kreta cepat, juga telah terintegrasi antarmoda transportasi seperti di Stasiun Halim terdapat LRT Jabodebek, Damri tujuan bandara Soekarno Hatta, Transjakarta, dan layanan khusus taksi konvensional.

Masyarakat juga bisa memanfaatkan KA Feeder menuju Stasiun Cimahi dan Stasiun Bandung dan lainnya, akses kereta commuter line Bandung Raya dan Garut yang bisa diakses langsung di Stasiun Padalarang.

Sementara untuk Stasiun Tegalluar, akses penumpang bisa melalui exit tol KM 149 dan jembatan Cibiru Baru, layanan Damri tujuan Stasiun Bandung, Stasiun Gedebage, Metro Indah Mall, Trans Studio Mall, Alun-alun Bandung, Jalan Asia Afrika dan Pasar Baru, serta shuttle bus menuju area Sumareccon.

Baca juga: Jadwal KA Feeder Rute Bandung-Padalarang PP

Sebagai informasi, secara total sejak awal beroperasi pada 17 Oktober lalu, jumlah penumpang kereta cepat Jakarta Bandung hingga 22 November 2023, tercatat sebanyak 491 ribu orang dengan rata-rata 21 ribu orang per hari saat weekend dan 18 ribu orang per hari saat weekdays.

Untuk okupansinya, rata-rata mencapai 80 hingga 99 persen pada setiap rangkaian yang dioperasikan.

Masyarakat dapat menghubungi informasi dan layanan pelanggan melalui customer service KCIC di Stasiun, email ke cs@kcic.co.id, telepon ke 121, website kcic.co.id, dan sosial media KCIC di Kereta Cepat ID.

Baca juga: Kehabisan Tiket Kereta Api Nataru? Coba Cara Ini

Baca juga: Mengenal Apa Itu Fitur Connecting Train di Access by KAI dan Caranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com