Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Kegiatan Ekonomi yang Termasuk Kegiatan Konsumsi

Kompas.com - 27/12/2023, 10:31 WIB
Muhammad Idris

Penulis

KOMPAS.com - Kegiatan ekonomi yang termasuk kegiatan konsumsi adalah membeli sembako di warung, membeli alat tulis di toko, hingga membayar tagihan listrik PLN.

Mengutip laman Kemendikbud, manusia setiap hari melakukan kegiatan konsumsi dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan. Kegiatan konsumsi adalah kegiatan ekonomi yang menghabiskan nilai guna suatu barang atau jasa secara berangsur-angsur atau langsung habis.

Kegiatan konsumsi bisa terjadi ketika produsen menjual barang atau jasa langsung kepada konsumen. Bisa juga kegiatan konsumsi terjadi ketika konsumen membeli barang atau jasa dari distributor.

Kegiatan konsumsi sendiri sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Contoh kegiatan konsumsi dalam kehidupan sehari hari seperti anak sekolah yang membeli alat tulis di toko buku.

Baca juga: Kegiatan Ekonomi yang Dilakukan Rumah Tangga Produsen

Lalu contoh lainnya yang termasuk kegiatan konsumsi adalah remaja yang membeli kuota internet di gerai pulsa, ataupun perusahaan otomotif yang membeli bahan baku produksi.

Dengan mempelajari materi mengenai kegiatan ekonomi ini, diharapkan Sobat SMP dapat memahami macam-macam kegiatan ekonomi yang ada di tengah masyarakat.

Arti kegiatan konsumsi

Kegiatan konsumsi mencakup serangkaian tindakan yang dilakukan oleh individu atau rumah tangga untuk mendapatkan dan menggunakan barang dan jasa sebagai pemenuhan kebutuhan dan keinginan.

Kegiatan konsimsi adalah bagian dari siklus ekonomi dan memainkan peran penting dalam menentukan permintaan pasar. Berikut adalah beberapa aspek dan contoh kegiatan konsumsi:

1. Pembelian barang dan jasa

Konsumsi dimulai dengan pembelian barang dan jasa. Ini melibatkan proses memilih, membeli, dan membawa barang atau mendapatkan layanan untuk pemakaian pribadi atau rumah tangga.

2. Pemenuhan kebutuhan dasar

Kegiatan konsumsi mencakup pemenuhan kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, dan kesehatan. Individu mengalokasikan sebagian besar konsumsi mereka untuk kebutuhan esensial ini. Ini juga merupakan contoh kegiatan konsumsi dalam kehidupan sehari hari.

3. Konsumsi barang dan jasa hiburan

Salah satu kegiatan ekonomi yang termasuk kegiatan konsumsi adalah hiburan. Selain kebutuhan dasar, konsumsi juga mencakup barang dan jasa hiburan seperti buku, film, konser, atau liburan. Ini mencerminkan upaya untuk meningkatkan kualitas hidup dan memperoleh pengalaman positif.

4. Penggunaan teknologi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com