Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BTN Relokasi Kantor Cabang di Cirebon, Bidik Potensi Industri Properti

Kompas.com - 08/05/2024, 12:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai wujud transformasi sekaligus memperkenalkan logo barunya, PT Bank Tabungan Negara (Persero) menampilkan wajah baru di sejumlah Kantor Cabangnya, termasuk di Cirebon, Jawa Barat.

BTN Kantor Cabang Cirebon (KC Cirebon) yang telah berdiri sejak tahun 1991 kini direlokasi ke Jalan Siliwangi Nomor 16, di jantung kota Cirebon. BTN KC Cirebon membawahi 8 Kantor Cabang Pembantu (KCP) yang tersebar di Cirebon, Majalengka, Indramayu dan Kuningan (Ciayumajakuning).

“Setelah hadir dengan logo baru, BTN memiliki brand image yang lebih modern dan kekinian, dengan semangat transformasi BTN siap untuk bersaing di level yang lebih tinggi dan menjadi bank pilihan utama bagi nasabah khususnya nasabah kota Cirebon,” kata Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu dalam keterangan tertulis, Rabu (8/5/2024).

Baca juga: BTN Konsisten Dongkrak Inklusi Keuangan lewat Menabung

Direktur Utama BTN, Nixon L.P. Napitupulu dalam konferensi pers paparan kinerja per 31 Maret 2024, Kamis (25/4/2024).KOMPAS.com/ AGUSTINUS RANGGA RESPATI Direktur Utama BTN, Nixon L.P. Napitupulu dalam konferensi pers paparan kinerja per 31 Maret 2024, Kamis (25/4/2024).

Nixon menjelaskan, relokasi KC Cirebon merupakan bentuk keseriusan BTN dalam meningkatkan kualitas dan layanan perbankan kepada nasabah, serta menjemput peluang pembiayaan dari potensi ekonomi yang dimiliki wilayah Ciayumajakuning yang meliputi kawasan Cirebon, Kabupaten Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan.

Kawasan ini sangat prospektif khususnya di sektor properti.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), perekonomian di Kota Cirebon tumbuh 5,01 persen pada hampir semua sektor usaha selama tahun 2023.

Sektor real estate mencapai pertumbuhan 9,22 persen, terbesar kedua setelah sektor usaha bidang transportasi dan pergudangan yang mencapai 9,99 persen.

Baca juga: BTN Pastikan Dana Nasabah Tidak Hilang

“Selain itu pertumbuhan penduduk juga sangat mendukung pembangunan perumahan. Di sini BTN berperan besar dalam memberikan akses pembiayaan perumahan, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah,” kata Nixon.

Potensi industri properti yang terus menggeliat di Ciayumajakuning membuat pencapaian Bank BTN KC Cirebon terus meningkat.

Pada tahun 2024 ini, setelah relokasi selesai BTN menargetkan realisasi kredit KC Cirebon sekitar Rp 896 miliar. Realisasi kredit masih didominasi oleh Kredit Pemilikan Rumah (KPR) terutama KPR subsidi sebesar Rp 604 miliar, dan sisanya untuk kredit bermargin tinggi, yakni sekitar Rp 174 miliar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com