Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
HILIRISASI INDUSTRI

PT GNI Peringati Bulan K3 Nasional dengan Tingkatkan Kesadaran Keselamatan Kerja

Kompas.com - 26/01/2024, 15:17 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2024 dengan menggelar berbagai kegiatan di lokasi operasional perusahaannya, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Kamis (25/1/2024).

Peringatan itu bertujuan untuk menekankan signifikansi keselamatan kerja bagi seluruh karyawan.

Kepala Komunikasi Perusahaan PT GNI Mellysa Tanoyo mengatakan bahwa Bulan K3 Nasional 2024 menjadi momentum bagi perusahaan untuk memotivasi karyawan agar menerapkan budaya K3 dalam setiap pekerjaan.

“Momentum ini penting bagi perusahaan, tidak sekadar sebagai seremonial, tetapi juga pengingat untuk terus menjunjung K3 di segala aspek pekerjaan,” katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Ia menambahkan bahwa membangun budaya K3 membutuhkan kerja sama antara internal perusahaan dan pemerintah. Dengan begitu, komitmen bersama dalam menciptakan kesadaran bekerja dengan aman dan nyaman dapat tercipta.

Pimpinan PT GNI Zhou Yuan yang hadir dalam acara tersebut menekankan bahwa K3 adalah aspek krusial dan komitmen bersama.

“Kesehatan dan keselamatan bukan formalitas, melainkan komitmen seluruh karyawan perusahaan,” ucapnya.

Upacara Bulan K3 2024 di PT GNI, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Kamis (25/1/2024).Dok. Arsip PT GNI Upacara Bulan K3 2024 di PT GNI, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, Kamis (25/1/2024).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sulawesi Tengah Arnold Firdaus mengapresiasi penyelenggaraan peringatan Bulan K3 Nasional oleh PT GNI dan keseriusan perusahaan dalam meningkatkan kinerja K3.

“Terima kasih atas komitmen PT GNI dalam memenuhi ketentuan perundang-undangan. Progres perkembangannya menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan pesan dari Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah tentang signifikansi pengembangan ekosistem ketenagakerjaan yang berkualitas dan partisipasi karyawan dalam menerapkan K3.

Menurut Menaker, kata Arnold, pelaksanaan K3 harus menjadi prioritas dalam dunia kerja di Indonesia. Oleh karena itu, semua pekerja diharapkan terus memperkuat budaya K3, khususnya di tempat kerja, sebagai upaya untuk menjaga aset perusahaan dan mendukung kelangsungan usaha.

“Melalui momentum ini, saya mengajak semua pihak untuk membangun budaya K3. Peran pekerja dalam membiasakan cara dan sikap bekerja (secara) aman sangat diperlukan untuk mewujudkan budaya K3. Di sisi lain, peran pengusaha untuk menciptakan kondisi tempat kerja yang aman juga perlu dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan,” tuturnya.

Peringatan Bulan K3 Nasional 2024 di PT GNI diisi dengan sejumlah kegiatan, seperti workshop K3, upacara Bulan K3, serta lomba-lomba terkait K3, seperti yel-yel, kebersihan mes, dan lain-lain.

Melalui kegiatan tersebut, PT GNI tidak hanya menciptakan suasana kerja yang aman dan nyaman, tetapi juga merangsang kreativitas karyawan dan memberikan dampak positif pada pembangunan berkelanjutan.

Upacara peringatan Bulan K3 Nasional 2024 turut dihadiri oleh perwakilan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Muhammad Fertiaz, Kepala Disnakertrans Morowali Utara Kartiyanis Lawaka, manajemen, dan seluruh karyawan PT GNI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com