BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan HP

Sering Diabaikan, Ini 6 Efek Penggunaan Tinta dan Toner Palsu pada Bisnis

Kompas.com - 29/01/2024, 13:03 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi pengusaha, ada banyak aspek yang harus dikelola dengan baik. Pengusaha harus bisa merancang strategi bisnis yang efektif, menjaga kualitas produk atau layanan bisnis, dan mempertahankan keunggulan bersaing.

Namun, ada faktor lain yang sering luput dari perhatian pebisnis dan berpengaruh terhadap kinerja bisnis, yakni tinta dan toner untuk printer.

Penggunaan tinta dan toner, baik di unit usaha berskala kecil maupun besar, biasanya tidak menjadi prioritas.

Tak sedikit orang tergoda membeli tinta dan toner nonorisinal atau tidak sesuai dengan merek printer karena murah dan mudah ditemukan. Padahal, hal tersebut bisa berakibat fatal bagi bisnis.

Pasalnya, penggunaan tinta dan toner printer yang tidak sesuai bisa merusak bisnis dalam jangka panjang.

Berikut adalah enam alasan pebisnis sebaiknya tidak lagi menggunakan tinta atau toner palsu.

1. Kehilangan waktu dan pelanggan

Penggunaan tinta atau toner palsu dapat menyebabkan masalah pada printer serta mengakibatkan penundaan tak terduga dalam operasi bisnis.

Bayangkan jika usaha Anda baru saja menerima pesanan dalam jumlah besar dan harus diselesaikan dengan segera. Namun, printer Anda tiba-tiba bermasalah saat mencetak tanda terima atau kemasan sehingga harus memanggil petugas servis untuk memperbaiki.

Penundaan operasi usaha secara tak terduga seperti itu dapat membuat Anda kerepotan atau bahkan kehilangan pelanggan. Menurut temuan HP yang dikutip Kompas.com dari rilis resmi, Kamis (25/1/2024), risiko kerusakan meningkat tiga kali lipat pada printer yang menggunakan cartridge toner palsu.

2. Pengeluaran lebih banyak

Harga murah menjadi alasan pemilik usaha membeli tinta atau toner nonmerek atau palsu. Padahal, keputusan ini justru merugikan, baik dari segi waktu, tenaga, maupun biaya, karena cetakan yang dihasilkan kurang dapat diandalkan. Contohnya, buram atau kabur.

Masalah itu memang bisa diakali dengan mencetak ulang sampai hasil yang didapat berkualitas. Namun, cara ini tidak efektif lantaran banyak kertas yang terbuang begitu saja.

Tidak hanya hasil cetakan yang buruk, berdasarkan riset HP, 67 persen cartridge toner nonmerek atau palsu juga dapat merusak printer sebelum waktunya.

Dengan kata lain, pengeluarannya justru menjadi lebih banyak lantaran harus menutup biaya-biaya lain imbas penggunaan tinta dan toner palsu.

Melihat risiko tersebut, penggunaan tinta dan toner asli menjadi keputusan yang tepat. Meski harganya sedikit lebih mahal, manfaat dan hasil cetakan yang diberikan sebanding dengan harga yang ditebus.

3. Pengaruhi citra bisnis

Dalam dunia bisnis, kualitas produk dan layanan menjadi faktor penting untuk menarik serta mempertahankan pelanggan. Begitu juga dengan kualitas cetakan pada dokumen kontrak, faktur, atau kemasan produk. Bila hasilnya bagus, branding dan citra bisnis akan baik di mata pelanggan. Begitu pun sebaliknya.

Maka dari itu, selalu upayakan untuk menggunakan tinta dan toner yang orisinal. Jika Anda menggunakan printer dari HP, pastikan tinta dan toner juga berasal dari merek yang sama.

Pasalnya, tinta dan toner orisinal telah melewati serangkaian pengujian secara ketat untuk dapat menghasilkan cetakan yang lebih berkualitas tinggi, konsisten, dan presisi.

4. Tidak punya garansi

Bagi pebisnis, dukungan garansi dibutuhkan untuk menjamin kelancaran operasi usaha. Garansi juga akan memberikan ketenangan pikiran sehingga pengusaha dapat fokus pada bisnis.

Penggunaan tinta atau toner nonorisinal mungkin terlihat tidak menimbulkan masalah di awal. Namun, lama-kelamaan, tinta dan toner tersebut dapat merusak printer. Kerusakan yang diakibatkan kelalaian pengguna biasanya tidak ditanggung garansi.

Jika sudah begitu, pebisnis pun harus membayar sendiri perbaikannya. Operasional bisnis mungkin saja akan sedikit terhambat atau bahkan berhenti secara keseluruhan. Oleh karena itu, penggunaan tinta dan toner asli adalah pilihan yang tepat.

Tinta dan toner HP memberikan kualitas yang bagus pada cetakan. Dok. HP Tinta dan toner HP memberikan kualitas yang bagus pada cetakan.

5. Pengaruhi kesehatan

Polusi udara di Indonesia semakin memburuk, termasuk di kantor. Hal ini perlu menjadi perhatian bagi para pelaku bisnis karena kualitas udara yang buruk dapat berdampak negatif terhadap kesehatan karyawan dan produktivitas kerja.

Apalagi, pencemaran udara pun tidak hanya terjadi di luar ruangan, tapi juga di dalam ruangan. Bahkan, konsentrasi polutan udara di dalam ruangan 2-5 kali lebih tinggi ketimbang di luar ruangan.

Polusi udara di dalam ruangan dapat berasal dari berbagai sumber, salah satunya penggunaan bahan kimia, termasuk tinta atau toner printer.

Jika tinta dan toner yang digunakan asli, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, tinta dan toner ini umumnya sudah memenuhi standar emisi lingkungan.

6. Minim keamanan

Selain keuntungan jangka pendek, pengusaha juga perlu memikirkan keamanan bisnis dalam jangka panjang. Salah satu aspek penting yang sering terabaikan adalah keamanan data saat mencetak dokumen di printer.

Kebocoran data melalui printer yang terhubung ke jaringan internet yang tidak aman dapat merusak bisnis dan reputasi. Untuk melindungi data bisnis dan pelanggan, pengusaha perlu menggunakan tinta dan toner asli. Jadi, jika menggunakan printer HP, toner dan tinta harus berasal dari merek yang sama.

Tinta dan toner asli HP, misalnya, memiliki chip yang disematkan firmware eksklusif. Firmware ini sulit dirusak dan membantu menghindari modifikasi oleh pihak ketiga. Modifikasi cartridge oleh pihak ketiga dapat membuka celah bagi malware masuk ke printer. Hal ini bisa mengancam keamanan data.

Harga tinta atau cartridge nonorisinal mungkin tampak lebih murah. Akan tetapi, dampak yang dihasilkan ternyata akan lebih mahal karena menyebabkan masalah, seperti waktu yang terbuang, kualitas buruk, dan biaya tak terduga.

Melihat alasan-alasan tersebut, pebisnis sebaiknya berhenti menyepelekan tinta dan toner untuk printer.

Tinta dan toner asli dirancang untuk bekerja dengan printer sehingga memberikan hasil cetak yang berkualitas dan andal.

Anda yang ingin mendapatkan tinta dan toner asli HP bisa mengunjungi laman https://www.hp.com/id-id/shop/ink-toner-paper.

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com