Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegadaian Cetak Laba Bersih Rp 4,38 Triliun pada 2023

Kompas.com - 09/02/2024, 20:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pegadaian (Persero) mencatat laba bersih senilai Rp 4,38 triliun. Angka tersebut tumbuh 32,7 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp 3,30 triliun.

Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan menjelaskan, kinerja tersebut ditopang oleh peningkatan Outstanding Loan (OSL). Angka ini sekaligus menjadi yang tertinggi dalam 3 tahun terakhir.

Outstanding Loan Pegadaian tercatat senilai 67,6 triliun, jumlah tersebut tumbuh 14,4 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu Rp 59,1 triliun.

Baca juga: 7 Ciri Pegadaian Gelap, Apa Saja?

Aset perusahaan juga turut mengalami peningkatan sebesar 12,6 persen dari Rp 73,33 triliun di 2022 menjadi Rp 82,6 triliun pada 2023.

Tidak hanya itu, kualitas pembiayaan Pegadaian pun dinilai semakin sehat dengan adanya penurunan NPL yang signifikan dari sebelumnya 1,2 persen di 2022 menjadi 0,85 persen pada 2023.

"Alhamdulillah, jumlah nasabah sampai 31 Desember 2023 tercatat naik 9,7 persen dari 21,9 juta orang menjadi 24 juta orang,” kata dia dalam keterangan resmi, dikutip Jumat (9/2/2024).

Baca juga: Cara Tarik Tunai DANA di Pegadaian dan Biayanya

Ia menambahkan, Pegadaian telah meningkatkan ROA (Return on Asset) sebesar 5,6 persen dan ROE (Return on Equity) sebesar 14,33 persen.

Pegadaian juga mencatat rasio BOPO (Beban Operasional Pendapatan Operasional) terendah dalam beberapa tahun belakang, yaitu sebesar 66,10 persen pada 2023.

Damar menuturkan, jumlah pengguna aplikasi Pegadaian Digital per 31 Desember 2023 sebanyak 6,5 juta user dengan volume transaksi sebesar Rp 14,5 Triliun, atau naik 72 persen dari tahun sebelumnya.

Baca juga: Cara Mudah Bayar Tagihan Listrik lewat Aplikasi Pegadaian Digital

Lebih lanjut, ia menjelaskan, Pegadaian punya ragam produk investasi emas yang dapat dimiliki dengan berbagai cara. Bisa lewat Cicil Emas, Arisan Emas, beli perhiasan melalui Galeri 24, atau menabung emas dengan produk Tabungan Emas yang bisa di akses langsung melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Selain itu, Pegadaian juga telah memiliki layanan Gadai Express dan Gadai dari Rumah. Gadai Express merupakan layanan yang diluncurkan Pegadaian untuk menjemput dan antar barang jaminan gadai dari rumah menuju outlet Pegadaian.

Sedangkan dengan Gadai dari Rumah, penaksir dapat langsung mengunjungi nasabah dan menaksir barang jaminan ditempat.

"Melalui dua layanan ini, nasabah dapat melakukan transaksi tanpa harus ke outlet Pegadaian," tandas dia.

Baca juga: Pegadaian Syariah dan Kilau Emas pada 2024

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com