Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pegadaian Syariah dan Kilau Emas pada 2024

Kompas.com - 05/01/2024, 15:27 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emas masih menjadi salah satu logam mulia yang paling diminati masyarakat Indonesia. Emas dinilai memiliki kemampuan untuk menjaga nilai dan belakangan harganya cenderung naik.

Data tradingeconomics.com menunjukkan, sepanjang 2023 harga emas di pasar spot meningkat 13,58 persen menjadi 2.071,8 dollar AS per ons troi di akhir Desember lalu.

Ini merupakan kenaikan tahunan pertama dalam tiga tahun terakhir dan mencatat rekor harga tertinggi baru di 2.145 dollar AS pada awal Desember 2023.

Baca juga: Pegadaian Sebut Bisnis Gadai Tumbuh Seiring Kenaikan Harga Emas

PT Pegadaian (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang jasa gadai juga merasakan pengaruh pertumbuhan harga emas terhadap kinerja perusahaan.

Direktur Utama Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan, pada 2023 Pegadaian Syariah menyalurkan pinjaman Gadai Syariah senilai Rp 28,9 triliun. Sedangkan saldo uang pinjaman (outstanding loan) tercatat senilai Rp 7,9 triliun.

"Secara historis produk-produk Pegadaian Syariah baik gadai maupun pembiayaan menunjukkan pertumbuhan yang baik dari waktu ke waktu, khususnya di 2023," kata dia kepada Kompas.com, Jumat (5/1/2024).

Baca juga: Masyarakat Sekarang Bisa Daftar Haji Reguler Lewat Pegadaian

Ia menambahkan, animo masyarakat memanfaatkan produk gadai di Pegadaian Syariah cukup tinggi. Hal tersebut tergambar dari pertumbuhan tahunan penyaluran pinjaman Gadai Syariah pada 2023.

Pada 2023, Pegadaian Syariah mencatat telah menyalurkan pinjaman gadai syariah senilai Rp 28,9 triliun. Angka tersebut tumbuh 13,33 persen secara tahunan dibandingkan periode yang sama tahun lalu senilai Rp 25,5 triliun.

Pada 2024, Pegadaian yakin masih banyak masyarakat yang membutuhkan produk Pegadaian Syariah. Harapannya, kondisi makro yang membaik dapat menjadi katalis positif yang dapat mendongkrak kinerja perseroan.

Baca juga: Berkonsep Green Building, Pegadaian Resmikan Gedung Baru Senilai Rp 700 Miliar

Tak hanya itu, harga emas yang membaik dan tetap menjadi pilihan aset investasi yang aman (safe haven) bagi sebagian masyarakat juga harapannya dapat menjadi pendorong kinerja tahun ini.

Damar optimistis, pertumbuhan penyaluran pembiayaan Pegadaian akan tumbuh berkelanjutan. Hal itu akan didorong dengan peningkatan pelayanan produk, baik dengan perbaikan fitur maupun peningkatan sistem teknologi aplikasi.

Emas memang masih menjadi pilihan sebagian orang untuk berinvestasi atau menabung. Pegadaian Syariah sendiri juga menyediakan layanan Tabungan Emas untuk masyarakat.

Baca juga: Genjot Ekonomi Lokal, Pegadaian Tingkatkan Kapasitas BUMDes

Tabungan Emas Pegadaian adalah layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas. Nasabah dapat membeli tabungan emas (top up) mulai dari 0,01 gram hingga l00 gram per hari.

Sedikit gambaran, pada hari ini, Jumat (5/1/2024), untuk setiap 0,01 gram, Pegadaian menetapkan harga jual sebesar Rp 10.520 dan harga beli Rp 10.200.

Adapun, minimal saldo rekening tabungan emas adalah 0,1 gram per rekening.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com