Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Akses Tol KM 1+842 Stasiun Halim Tak Kunjung Dioperasikan, KCIC: Masih Tunggu Pengujian

Kompas.com - 16/02/2024, 09:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Kereta Cepat Whoosh resmi beroperasi pada Oktober 2023, jalan akses tol Stasiun Halim di KM 1+842 Tol Jakarta-Cikampek masih belum dioperasikan hingga kini.

Berdasarkan catatan Kompas.com, jalan akses tol Stasiun Halim ini ditargetkan dapat digunakan pada Agustus 2023 bersamaan dengan Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdana Kusuma.

Sementara Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdana Kusuma yang dapat diakses dari Jalan DI Panjaitan itu sudah mulai digunakan untuk umum sejak Kereta Cepat Whoosh diujicoba pada September 2023.

Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti mengatakan, pembangunan jalan akses tol Stasiun Halim tersebut sudah selesai dikerjakan. Gerbang masuk untuk pembayaran dan papan penunjuk (signage) juga sudah terpasang.

Baca juga: 18 Februari, Akses Tol ke Stasiun Kereta Cepat Halim Ditutup Permanen

Namun pengoperasian jalan akses itu masih terkendala di operator jalan Tol Jakarta-Cikampek yakni PT Jasa Marga (Persero) Tbk sehingga masih belum bisa digunakan untuk umum.

"Gatenya sudah ada, signage juga, tapi belum ada yang boleh lewat," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (16/2/2024).

Dia menyebut, saat ini Jasa Marga masih melakukan pengujian-pengujian sebelum memastikan jalan akses tol ini dapat digunakan untuk umum.

Baca juga: Libur Panjang, Penumpang Kereta Cepat Whoosh Naik 35 Persen

 


Untuk itu, hingga kini KCIC masih terus berkoordinasi dengan Jasa Marga dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar jalan akses tol Stasiun Halim dapat segera beroperasi.

"Masih dikordinasikan dengan Jasa Marga untuk yang 1+842 Tol Jakarta-Cikampek. Masih menunggu pengujian-pengujian," ucapnya.

Selama ini penumpang Kereta Cepat Whoosh yang masuk atau keluar Stasiun Halim melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek menggunakan jalan akses di KM 00+850 A Tol Jakarta-Cikampek.

Namun jalan akses tol sementara ini akan ditutup permanen mulai 18 Februari mendatang sehingga penumpang Kereta Cepat Whoosh hanya bisa menggunakan Jalan Akses Kereta Cepat Halim Perdana Kusuma melalui Jl. DI Panjaitan untuk menuju Stasiun Halim.

Baca juga: Impor KRL dari China, Wamen BUMN: Enggak Ada Hubungan dengan Whoosh

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com