Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Tahan Harga BBM Subsidi meski Harga Minyak Dunia Naik

Kompas.com - 18/02/2024, 10:17 WIB
Yoga Sukmana

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan komitmen untuk tetap menjaga harga jual Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi pasca Pemilu 2024.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, saat ini harga minyak dunia yang merupakan salah satu komponen pembentuk harga BBM terus mengalami kenaikan jika dibandingkan harga tahun lalu. Saat ini harga minyak disebut ada di kisaran 82 dollar AS per barel atau lebih tinggi 6 dollar AS per barel dibandingkan harga tahun lalu.

"Itu pasti mempengaruhi biaya produksi, kalau kita kan yang subsidi kita tahan, kalau yang non subsidi tergantung daya tahan dari pada badan usaha," jelas Arifin di Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Baca juga: Ini Kata Menteri ESDM soal Rencana Prabowo-Gibran Pangkas Subsidi BBM demi Program Makan Siang Gratis

Arifin melanjutkan, penyesuaian harga BBM non subsidi menjadi wewenang dari badan usaha. Menurutnya, setiap badan usaha pastinya melakukan evaluasi harga secara berkala.

Sebelumnya, PT Pertamina memutuskan untuk tidak menaikkan harga jual BBM non subsidi pada Februari ini di tengah keputusan sejumlah badan usaha lain menaikkan harga jual BBM.

Arifin menegaskan, keputusan tersebut sepenuhnya diambil Pertamina tanpa ada intervensi dari pemerintah.

"Ya pemerintah menahan yang BBM subsidi, tak ada kenaikan (harga). Untuk yang BBM non subsidi itu (keputusan) badan usaha masing-masing," jelas Arifin. (Reporter: Filemon Agung | Editor: Tendi Mahadi)

Baca juga: Prabowo Bakal Pangkas Subsidi BBM demi Program Makan Siang Gratis? Ini Penjelasan TKN

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Harga Minyak Dunia Naik, Bagaimana Nasib Harga BBM Subsidi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com