Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Klaim Sukses Amankan Pasokan Listrik Nasional Saat Pemilu 2024

Kompas.com - 19/02/2024, 11:28 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) mengatakan mampu menjaga pasokan listrik selama Pemilu 2024 yang berlangsung pada Rabu (14/2/2024). 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN telah menyiagakan seluruh sistem ketenagalistrikan di seluruh Indonesia sebelum hingga hari H pencoblosan.

Ia juga mengatakan telah bersiap dari sisi pasokan energi primer untuk seluruh pembangkit, dan dari sisi jaringan transmisi, distribusi, hingga layanan pelanggan.

Baca juga: PLN Pastikan Sistem Kelistrikan Aman pada Hari Pencoblosan 14 Februari, 1.853 Posko Disiagakan

Ilustrasi pemilu. SHUTTERSTOCK/DEDE SUDIANA Ilustrasi pemilu.

"Alhamdullilah, hari pencoblosan Pemilu telah kita lewati, kami telah jaga dengan sebaik-baiknya hingga suasana Pesta Demokrasi bisa berlangsung dengan lancar dan penuh gembira karena pasokan listrik berlangsung aman," kata Darmawan dalam keterangan tertulis, Senin (19/2/2024).

Darmawan memerinci daya listik beberapa wilayah saat penyelenggaraan Pemilu. Ia mengatakan, wilayah Sumatera memiliki daya mampu sebesar 7.640 Megawatt (MW) dengan beban puncak sebesar 6.975 MW.

Sementara itu, daya mampu Jawa Madura dan Bali sebesar 32 Gigawatt (GW) dengan beban puncak sebesar 24 GW. Lalu, daya mampu Sulawesi Utara sebesar 950 MW dengan beban puncak 719 MW.

Kemudian daya mampu Nusa Tenggara Timur sebesar 338 MW dengan beban puncak 224 MW. Terakhir, daya mampu Papua & Papua Barat 517 MW dengan beban puncak 304 MW.

Baca juga: Amankan Pemilu dari Black Out, Stok Batu Bara dan Gas untuk Pembangkit Listrik Terjaga

“Dengan tersedianya cadangan daya yang cukup membuat kami bisa melayani masyarakat dengan baik, titik-titik vital seperti Kantor KPU di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga Pusat akan kami jaga terus keandalan listriknya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Darmawan mengatakan, PLN sebelumnya telah menetapkan masa siaga Pemilu 2024 sejak tanggal 11 hingga 20 Februari 2024.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com