Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Jadwal Pembayaran Dividen Bank Mandiri

Kompas.com - 14/03/2024, 22:40 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) akan membagikan dividen sebesar Rp 33,03 triliun dari total laba bersih tahun buku 2023. Keputusan tersebut diambil dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan pada 7 Maret 2024.

Besaran dividen yang dibagikan tersebut setara dengan 60 persen dari total laba 2023 senilai Rp 55,1 triliun. Jika dibandingkan tahun sebelumnya, rasio dividen yang dibagikan sama besarannya. 

Secara rinci, dividen senilai Rp 17,18 triliun akan dibagikan kepada negara yang memegang 60 persen saham bank berlogo emas ini. Sisanya, dibagikan kepada pemegang saham publik dengan besaran Rp 353,96 per saham.

Baca juga: Ninja Xpress dukung UKM Selama Ramadhan dengan Solusi Terintegrasi

Sebagai informasi, sepanjang tahun 2023, Bank Mandiri berhasil memperoleh laba bersih sebesar Rp 55,1 triliun, tumbuh 33,7 persen secara year on year (YoY). Perolehan laba tersebut juga menjadi yang terbesar sejak Bank Mandiri didirikan 25 tahun lalu.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, besaran dividen tersebut telah sejalan dengan komitmen manajemen Bank Mandiri untuk berkontribusi secara optimal kepada pembangunan Tanah Air, serta konsistensi perseroan untuk menjadi mitra finansial utama pilihan nasabah.

Selain dividen, Darmawan menambahkan peran penting Bank Mandiri sebagai perusahaan BUMN juga tercermin dari kontribusi kepada penerimaan negara berupa Pajak dan Bukan Pajak.

Baca juga: UMKM Harus Ikut Kurangi Emisi Karbon

 

Pada tahun 2023, total setoran Bank Mandiri kepada negara (Pajak, Bea Cukai serta PNBP Lainnya) mencapai Rp 665,29 triliun, meningkat 12,37 persen secara YoY.

“Kontribusi Bank Mandiri terhadap negara berupa pendapatan negara secara konsisten terus meningkat setiap tahun sejalan dengan perbaikan kinerja bisnis yang berkelanjutan,” tambahnya.

Lebih lanjut secara fundamental, besaran dividen tersebut telah mempertimbangkan posisi likuiditas serta struktur permodalan Bank Mandiri dalam mendukung rencana di tahun 2024.

Adapun, setelah pembagian dividen, rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) Bank Mandiri sampai dengan akhir tahun nanti diproyeksikan pada level yang kurang lebih sama dengan Desember 2023.

Baca juga: BSI Resmi Masuk Jajaran 10 Besar Bank Syariah Global

Jadwal pembayaran dividen Bank Mandiri

Berikut jadwal pembayaran dividen BMRI berdasarkan keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia:

  • Cum dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi: 19 Maret 2024
  • Ex dividen di pasar reguler dan pasar negosiasi: 20 Maret 2024
  • Cum dividen di pasar tunai: 21 Maret 2024
  • Ex dividen di pasar tunai: 22 Maret 2024
  • Recording date: 21 Maret 2024
  • Pembayaran dividen 28 Maret 2024

Baca juga: Induk Usaha Sampoerna Terapkan Inklusi dan Kesetaraan di Tempat Kerja lewat Program Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com