Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Besar Dividen Bank BUMN dan Jadwal Pembagiannya

Kompas.com - 09/03/2024, 08:00 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank-bank pelat merah alias bank BUMN, atau yang lebih dikenal dengan himpunan bank milik negara (Himbara) telah menyelesaikan serangkaian rapat umum pemegang saham (RUPS) tahunan.

RUPS ini sekaligus mengumumkan berapa besaran dividen yang akan dibagikan oleh tiap perbankan tersebut. Dividen berkaitan dengan aliran kas yang dibayarkan kepada pemegang saham atau equity investors.

Adapun, bank-bank pelat merah tersebut adalah PT Bank Mandiri (persero) Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BBNI), dan PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk (BBTN).

Baca juga: Bank Mandiri Bakal Tebar Dividen Rp 33,03 Triliun dari Laba Tahun 2023

Ilustrasi bank. SHUTTERSTOCK/ANTON_AV Ilustrasi bank.

BRI menjadi bank BUMN yang menyetorkan dividen paling tinggi dalam deretan ini. BRI akan membagikan dividen senilai Rp 48,1 triliun dari laba 2023.

Namun begitu, besaran dividen per saham tertinggi datang dari Bank Mandiri. Bank berlogo pita emas ini akan membagikan dividen senilai Rp 353,95 per saham.

Adapun, BRI akan memberikan dividen senilai 319 per saham. Jumlah tersebut sudah termasuk dividen interim yang telah dibagikan di awal tahun ini senilai Rp 84 per saham.

Berikut ini adalah rangkuman besaran dividen bank BUMN dan jadwal pembagian dividen bank BUMN yang dapat diperhatikan oleh investor.

Baca juga: BTN Tebar Dividen 20 Persen dari Laba 2023

1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI)

BRI akan membagikan dividen senilai Rp 48,1 triliun dari laba 2023.

Adapun besaran dividen yang akan dibagikan tersebut setara dengan 79,63 persen dari total laba tahun 2023. Setiap pemegang saham BBRI akan mendapatkan dividen sebesar Rp 319 per saham.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com