Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Bank KBMI 3 yang Bakal Bagi-bagi Dividen

Kompas.com - 08/03/2024, 23:59 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah emiten perbankan di deretan bank KBMI 3 sudah mengumumkan pembagian dividen untuk tahun buku 2023.

Adapun emiten bank yang sudah menetapkan pembagian dividennya adalah PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) dan PT Bank Mega Tbk (MEGA).

BTN telah mengumumkan bakal membagikan dividen sebesar Rp 700,19 miliar atau 20 persen dari perolehan laba bersih tahun buku 2023 yang sebesar Rp 3,5 triliun.

Baca juga: Cara Top Up GoPay Pakai Virtual Account BCA

Sementara itu Bank Mega juga telah memutuskan untuk membagikan dividen sebesar Rp 2,45 triliun, atau 70 persen dari perolehan laba bersih tahun buku 2023 yang sebesar Rp 3,5 triliun.

Di sisi lain sejumlah emiten bank menuju pelaksanaan RUPST telah memberikan sinyal terkait pembagian dividen yang akan dilakukan tahun ini, seperti PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA) dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN).

Presiden Direktur CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan, pihaknya sudah dipastikan bakal bagi dividen atas perolehan laba bersih tahun buku 2023 kepada para pemegang saham. "Betul, kami membagi dividen tahun ini. Akan kami umumkan segera," kata Lani, Kamis (7/3/2024).

Baca juga: Kementerian ESDM Buka Peluang Perpanjang Harga Gas Murah buat Industri

Lani belum mau bocorkan berapa dividen payout ratio yang akan diajukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) yang akan digelar April 2024 mendatang.

Namun jika melihat histori pembagian dividen CIMB Niaga selama tiga tahun terakhir, emiten bank ini konsisten membagikan dividen dengan besaran rasio 60 persen dari perolehan laba bersih.

Meski dividend payout ratio CIMB Niaga beberapa tahun terakhir tetap konsisten di 60 persen, namun nilai besaran dividennya terus meningkat seiring dengan perolehan laba bersih bank yang kian meningkat.

Baca juga: Galeri 24 Jamin Buyback Emas yang Dibeli dari Gerainya

Jika tahun ini CIMB Niaga bakal menetapkan dividen payout ratio 60 persendari perolehan laba bersih Rp 6,47 triliun untuk tahun buku 2023, kemungkinan dividen yang bakal ditebar diperkirakan sebanyak Rp 3,88 triliun tahun ini.

Sementara itu Direktur Keuangan Bank Danamon Muljono Tjandra mengatakan terkait dividen perseroan masih menunggu RPUST, meski begitu dia bilang selama ini Danamon selalu membagikan dividen. "Biasanya Danamon selalu membagi dividen dari perolehan laba," katanya.

Danamon selama tiga tahun terakhir konsisten menetapkan dividend payout ratio di angka 35 persen dari perolehan laba bersih.

Baca juga: Garuda Indonesia-UOB Rilis Kartu Kredit, Ini Promo buat Pengguna

Jika Danamon tetap konsisten dalam menetapkan besaran divident payout ratio di angka 35 persen dari laba tahun lalu yang sebesar Rp 3,5 triliun, kemungkinan bank ini bakal menebar dividen sebesar Rp1,2 trilun tahun ini.

Sementara itu PT Bank Syariah Indonesia (BRIS) bakal mempertimbangkan pembagian dividen bagi para pemegang saham usai menumbuhkan laba 33,8 persen pada 2023, ini lantaran perseroan masih membutuhkan modal tambahan dalam mengembangkan aset.

Head of Investor Relations BSI Rizky Budinanda mengatakan pembagian dividen bakal disesuaikan dengan kewenangan dari RUPST oleh pemegang saham. Meski begitu, kebijakan internal menetapkan bahwa rasio dividen BSI di sekitar 25 persen.

Baca juga: Pesawat Smart Air Hilang Kontak, Kemenhub hingga Warga Lakukan Pencarian

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com