Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran 2024 Bakal Ada Diskon Tarif Tol? Ini Bocoran dari Jasa Marga

Kompas.com - 21/03/2024, 14:18 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk masih menimbang untuk memberikan diskon tarif tol di sejumlah ruas tol selama periode mudik Lebaran 2024.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, saat ini pihaknya masih mendiskusikan diskon tarif tol ini dengan pihak terkait seperti Aosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lain.

"Sampai saat ini Jasa Marga masih mengoordinasikan dengan pihak terkait, khususnya di ruas-ruas yang memang favorit di Trans Jawa," ujarnya saat konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Baca juga: Puncak Mudik Lebaran Diprediksi 6 April 2024, Pemudik Perlu Antisipasi Jalan Tol Ini

Namun dia mengakui bahwa penerapan diskon tarif tol pada periode Lebaran maupun Natal dan Tahun Baru (Nataru) lalu, efektif mendistribusikan arus lalu lintas tidak menumpuk saat arus puncak mudik dan balik.

Sebagaimana diketahui, diskon tarif tol biasanya diberikan sebelum atau sesudah tanggal yang diprediksi menjadi arus puncak mudik agar para pemudik tergerak untuk melakukan perjalanan lebih awal atau setelah arus puncak.

"Jadi potongan tarif ini merupakan bentuk kami untuk bisa mendistribusikan lalin tidak menumpuk di waktu Puncak yang kami prediksikan," jelasnya.

"Supaya apa yang kami prediksikan ini tidak melebihi prediksi, supaya semua antisipasi rencana rekayasa lalu lintas dapat tetap dilakukan, memastikan kapasitas jalan ini tetap bisa menampung lonjakan lalin," tambah dia.

Jasa Marga memperkirakan, puncak arus mudik Lebaran 2024 akan jatuh pada 6 April 2024 atau H-4 Lebaran dan puncak arus baliknya akan jatuh pada 15 April 2024 atau H+5 Lebaran.

Sebelumnya, pemerintah akan memberikan diskon tarif jalan tol pada masa mudik Lebaran 2024.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (13/3/2024).

"Insya Allah ada," kata Basuki.

Adapun diskon tarif tol berfungsi untuk mengurai kepadatan lalu lintas yang terjadi pada tanggal-tanggal tertentu mudik.

"Karena kalau diskon itu juga untuk mengatur traffic, tanggal-tanggalnya diskon itu mengatur traffic," lanjut Basuki.

Baca juga: Mudik Lebaran, BPJS Kesehatan Pastikan Peserta Bisa Akses Layanan di Kampung Pakai KTP

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com