Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Siapa Menkeu Baru, Direktur BCA: Yang Penting Tak Hambat Bisnis

Kompas.com - 22/03/2024, 09:30 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Santoso mengatakan, siapa pun yang ditunjuk menjadi menteri keuangan pada periode pemerintahan selanjutnya diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi bisnis, terutama perbankan agar bisa semakin tumbuh.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil rekapitulasi pemilihan umum (pemilu) pada Rabu (20/3/2024). Terkait keputusan tersebut, para bankir menaruh berharap besar pada siapa yang akan ditunjuk oleh pemerintah menjadi menteri keuangan.

“Ini bukan masalah Menteri Keuangan ya. Concern-nya para bankir, siapa pun yang ditunjuk, yang penting adalah tidak memberikan hambatan tapi memfasilitasi supaya ke depan transaksi makin maju. Money flow aman, bisnis makin tumbuh dan rakyatnya juga maju,” kata Santoso di Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Baca juga: Curhat Sri Mulyani: Jadi Menkeu Terbaik kayaknya Enak, Enggak Juga

Hasil rekapitulasi Pemilu memutuskan, pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai pemenang dalam ajang pemilihan presiden dan wakil presiden, dimana mereka unggul di 36 provinsi dari 38 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia dan juga unggul di pemungutan suara luar negeri.

Berdasarkan data dari KPU, Prabowo-Gibran memperoleh 96.303.691 suara. Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.726 suara. Sementara itu, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memperoleh 27.041.508.

Baca juga: Beredar 4 Nama Calon Menkeu yang Diincar Prabowo, Erick Thohir: Semuanya Bagus

Menurut Santoso, perbankan hanya mengikuti bagaimana kebijakan yang diputuskan oleh pemerintah.

Dalam hal ini, bagaimana nantinya Menteri Keuangan, bisa membawa bisnis perbankan semakin maju.

“Karena kalau rakyatnya enggak maju, kita susah juga. Jadi sebetulnya bank itu kayak kapal aja, kalau airnya naik ikut naik, kalau airnya turun ikut turun,” tambah dia.

Baca juga: Media Asing Soroti 4 Nama Ini, Dibidik Prabowo Jadi Menteri Keuangan

Menjaga momentum positif

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F Haryn berharap siapa pun menteri keuangan yang akan ditunjuk bisa menjaga momentum pertumbuhan ekonomi agar tetap positif.

“Kemudian, juga bisa mengelola keuangan negara seperti apa di tengah tantangan,” kata Hera.

Dia bilang, saat ini Indonesia dihadapkan pada potensi penurunan suku bunga global dan juga sentimen geopolitik. Hal ini membuat ekonomi menjadi tidak pasti.

“Kita masih lihat juga tensinya masih serba tidak pasti. Kan sudah diumumkan pemenangnya (pemilu), ada pemerintahan baru, ya kita berharap semoga bisa terus menjaga momentum pertumbuhan ekonomi,” ungkapnya.

“Kemudian menggulirkan kebijakan-kebijakan yang positif untuk mendorong roda perekonomian bergerak dengan lebih baik. Mudah-mudahan (pertumbuhan ekonomi) dalam tren 5 persen seperti proyeksi beberapa lembaga survei global bisa terealisasi,” tegas Hera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com