Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Hindari Pembobolan Rekening lewat Nomor HP yang Sudah Hangus

Kompas.com - 22/05/2024, 20:00 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan telekomunikasi XL Axiata mengingatkan masyarakat agar jangan mengabaikan nomor ponsel yang sudah hangus agar terhindar dari aksi penipuan dan pembobolan akun perbankan.

Group Head Customer Contact Center XL Axiata, M. Yunus mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk turut menjaga keamanan nomor ponsel yang terdaftar dalam akun perbankannya. Hal ini agar terhindar dari aksi penipuan dan pembobolan akun perbankan dengan memanfaatkan nomor ponsel pelanggan.

"Meskipun transaksi perbankan menjadi semakin mudah, namun masyarakat pengguna layanan seluler dan perbankan tetap harus waspada agar terhindar dari tindak kejahatan perbankan, termasuk pembobolan akun," ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/5/2024).

Baca juga: Bersama Kementerian BUMN, Bank Mandiri Gelar Program Mandiri Sahabat Desa di Morowali

Dia mengingatkan, teknologi digital telah mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan dan bagi pelanggan layanan telekomunikasi selular, nomor ponselnya bahkan bisa terhubung dengan akun perbankan miliknya.

Dengan demikian, transaksi perbankan bisa dilakukan secara digital menggunakan ponselnya kapan saja dan di mana saja, tidak perlu repot ke gerai bank. Namun, pelanggan harus waspada agar tidak penjadi korban pembobolan akun bank melalui nomor ponselnya.

Dalam upaya menjamin dan melindungi keamanan akun data pribadi perbankan pelanggan, XL Axiata menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk turut menjaga keamanan nomor ponsel yang terdaftar dalam akun perbankannya.

Baca juga: Sambangi Paris, Erick Thohir Bertemu Presiden Perancis dan Presiden FIFA

"Hal ini untuk menghindari aksi pembobolan akun perbankan dengan memanfaatkan nomor ponsel pelanggan, termasuk nomor yang telah hangus," kata dia.

M. Yunus menambahkan, nomor-nomor ponsel yang tidak terpakai dan dianggap hangus bisa menjadi sarana bagi pelaku kejahatan untuk membobol rekening bank pelanggan.

Untuk itu, dia menghimbau agar pelanggan mengurus penutupan nomor ponsel yang sudah tidak terpakai ke operator dan pihak bank dan pelanggan sebaiknya tidak meremehkan nomor yang sudah tidak dipakainya dan menganggap tidak perlu menginformasikan penutupan nomornya kepada pihak operator dan pihak bank atau online payment yang terhubung.

Baca juga: Garuda Indonesia Angkat Mantan KSAU Fadjar Prasetyo Jadi Komisaris Utama

Berikut tips agar terhindar dari aksi pembobolan akun perbankan melalui nomor ponsel pelanggan:

  • Segera hubungi customer service bank (CS) terkait dan atau online payment untuk menghapus layanan pada nomor ponsel yang sudah tidak lagi digunakan atau hangus untuk memastikan layanan perbankan sudah terhapus.
  • Jangan pernah memberikan username, password, PIN, dan kode OTP dalam setiap transaksi perbankan yang ada di ponsel.
  • Jngan pernah mengakses akun perbankan melalui jaringan WIFI milik umum mengingat kejahatan bisa terjadi kapan pun dan dimana pun
  • Selalu tingkatkan kewaspadaan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com