Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AISA Catat Lonjakan Laba Usaha 101,4 Persen pada Kuartal I-2024

Kompas.com - 03/06/2024, 16:07 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten manufaktur makanan PT FKS Food Sejahtera Tbk (AISA) mencatatkan pertumbuhan laba usaha sebesar 101,4 persen menjadi Rp 27,2 miliar pada kuartal I-2024, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp 13,5 miliar.

“Pertumbuhan laba usaha ini didukung oleh peningkatan laba bruto karena inisiatif cost optimization yang dilakukan secara berkelanjutan, sustainable innovation pada research & development, serta perbaikan harga bahan baku,” kata Corporate Secretary AISA Cesilia Constansia dalam public expose di Jakarta, Jumat (31/5/2024).

Cesilia mengatakan, laba usaha AISA mengalami perbaikan di mana pada kuartal pertama 2024 AISA mencatatkan pertumbuhan laba yang berkelanjutan sebesar 9,2 persen dibandingkan pada kuartal keempat tahun 2023 dan terdapat kenaikan penjualan sebesar 2,6 persen year on year.

Baca juga: MedcoEnergi Tebar Dividen Rp 1,13 Triliun dari Laba 2023

Pertumbuhan penjualan makanan ringan sebesar 5,6 persen menjadi pendukung kenaikan penjualan AISA tersebut. Cesilia menambahkan bahwa AISA terus menunjukkan peningkatan penjualan dan profitabilitas dari waktu ke waktu.

Peningkatan berkelanjutan ini merupakan hasil dari pelaksanaan inisiatif seperti perbaikan berkelanjutan pada outlet aktif, maksimalisasi lintas kanal distribusi di seluruh Indonesia, kampanye marketing dan promosi terintegrasi, dan pembukaan pasar ekspor baru di China dan Asia Tenggara melalui distributor.

Sementara itu laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk mengalami lonjakan signifikan menjadi Rp 10,8 miliar pada kuartal I-2024, dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp 2,1 miliar.

Penjualan bersih juga tumbuh menjadi Rp 460,7 milar pada kuartal I-2024 atau naik dibandingkan periode sama tahun sebelumnya Rp 449,2 miliar. Namun demikian beban pokok penjulan turun menjadi Rp 268,5 miliar dibanding periode sama tahun sebelumnya Rp 315 miliar.

Saat ini AISA memasarkan produk-produk snack seperti Taro dan Mie Kremezz, mie kering merk Superior dan Cap Ayam 2 Telor, bihun kering merk Tanam Jagung, bihun instan merk “Bihunku”, biskuit tinggi energi, serta permen merk Gulas.

Baca juga: Garuda Indonesia Tak Bagikan Dividen meski Catatkan Laba Bersih pada 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com