Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Ditutup Menguat Berkah Kenaikan Harga Saham Teknologi

Kompas.com - 27/06/2024, 07:32 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


NEW YORK, KOMPAS.com - Bursa saham AS atau Wall Street berakhir di zona hijau pada penutupan perdagangan Rabu (26/6/2024) waktu setempat. Kenaikah tiga indeks acuan ditopang oleh bullish saham - saham teknologi.

S&P 500 salah satu indeks yang mendapatkan berkah dari bullish saham teknologi di hari Rabu. Investor mengevaluasi kepemilikan saham teknologi mereka menyusul booming pada paruh pertama tahun ini yang disebabkan oleh kecerdasan buatan.

S&P 500 mengakhiri sesi dengan kenaikan 8,60 poin, atau 0,16 persen ditutup pada level 5.477,90. Dow Jones Industrial Average (DJIA) bertambah 15,64 poin, atau 0,04 persen dan berakhir pada level 39.127,80. Sementara itu, Nasdaq Komposit menguat 87,50 poin, atau 0,49 persen dan berakhir pada level 17.805,16.

Baca juga: Saham Teknologi Tertekan, Wall Street Berakhir Mayoritas di Zona Merah

Nasdaq diperkirakan akan memperoleh keuntungan sebesar 18,6 persen pada semester pertama karena kinerja Nvidia. Setelah diperdagangkan lebih rendah hampir sepanjang hari, produsen chip itu ditutup naik sekitar 0,3 persen.

Itu adalah langkah sederhana setelah kenaikan 7 persen pada hari Selasa. Nilai pasar pembuat chip AI senilai 3,1 triliun dollar AS juga telah mendominasi S&P 500, dan lonjakannya sebesar 150 persen pada tahun 2024 telah memicu kekhawatiran bahwa sebagian besar saham lain gagal berpartisipasi dalam reli tahun ini.

Saham Amazon melonjak 3,9 persen, dan memimpin kenaikan Nasdaq. Sahamnya mencapai titik tertinggi sepanjang masa dan mencapai nilai pasar 2 triliun dollar AS untuk pertama kalinya pada hari Rabu. Kenaikan tersebut turut mendorong harga saham Nvidia, Apple, Alfabet dan Microsoft dalam mencapai tonggak sejarah tersebut.

Di luar perusahaan-perusahaan teknologi besar, pasar sebagian besar lesu karena investor menunggu data inflasi baru pada hari Jumat dengan rilis indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi bulan Mei. Federal Reserve terus mencermati, dan investor berharap bank sentral akan menurunkan suku bunga pada akhir tahun ini jika kenaikan harga terus moderat.

Baca juga: Ditopang Saham Nvidia, Wall Street Berakhir di Zona Hijau

Kemunduran baru-baru ini di S&P 500 telah menimbulkan spekulasi apakah reli pada tahun 2024, yang sebagian besar didukung oleh Nvidia, telah berakhir. , Menurut Survei Strategi Pasar CNBC, S&P 500 diperdagangkan kurang dari 1 persen dari perkiraan para ahli strategi Wall Street terhadap indeks pasar luas yang mengakhiri tahun ini.

“Pasar saham saat ini sangat mahal. Investor yakin koreksi harga saham dan perhitungan akan terjadi pada nama-nama teknologi megacap,” kata kepala investasi di The Bahnsen Group David Bahnsen, dikutip dari CNBC.

“Apakah volatilitas saham-saham teknologi minggu lalu merupakan awal dari sesuatu yang lebih dalam, atau apakah perhitungan tersebut masih akan terjadi masih harus dilihat, namun sentimen investor yang berlebihan, euforia, dan momentum yang berlebihan selalu berakhir dengan hal yang sama,” tambah Bahnsen.

Sebagian besar saham melemah di S&P 500 pada hari Rabu, tetapi ada beberapa hal positif yang menonjol di pasar. FedEx melonjak 15,5 persen setelah mengeluarkan hasil fiskal kuartal keempat yang lebih baik dari perkiraan. Saham Rivian Automotive melesat 23,2 persen setelah Volkswagen Group mengatakan akan berinvestasi hingga 5 miliar dollar AS di perusahaan kendaraan listrik itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com