Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank DKI Dukung Pembiayaan Transportasi Ramah Lingkungan Transjakarta

Kompas.com - 27/06/2024, 21:34 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank DKI mendukung operator transportasi Transjakarta dalam hal skema pembiayaan bus operator ukuran besar, sedang, dan bus listrik.

Direktur Teknologi dan Operasional sekaligus Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Utama Bank DKI Amirul Wicaksono menjelaskan, kerja sama ini merupakan perwujudan dari sinergi BUMD sebagai bentuk kontribusi dalam mendukung program Pemprov DKI Jakarta.

Turut terlibat dalam penandatanganan Nota Kesepahaman adalah PT Allied Molindo Indonesia yang merupakan salah satu perusahaan penyedia bus listrik.

Baca juga: Bahan Bakar Gas Diklaim Hemat untuk Kendaraan Umum dari Taksi hingga TransJakarta

Ilustrasi aplikasi JakOne Mobile milik Bank DKI.DOK. BANK DKI Ilustrasi aplikasi JakOne Mobile milik Bank DKI.

“Bank DKI mendukung Ekosistem Transjakarta melalui penyediaan transportasi yang nyaman, terintegrasi, serta berperan mendorong perkembangan dan lingkungan yang berkelanjutan di Kota Jakarta," ujar Amirul dalam siaran pers, Kamis (27/6/2024).

Lebih lanjut, Amirul mengatakan, ke depannya, Bank DKI akan menyalurkan kredit investasi untuk pengadaan bus operator khusus dengan spesifikasi ukuran bus besar, sedang, maupun bus listrik yang berada di bawah naungan Transjakarta.

“Kami berharap sinergi menghadirkan transportasi publik yang aman, nyaman, modern ini membawa manfaat untuk mendukung agenda besar Jakarta sebagai Global City," tutur Amirul.

Sementara itu, Direktur Utama PT Transjakarta Welfizon Yuza mengungkapkan, pihaknya berharap kolaborasi ini dapat hadir sebagai katalis proses elektrifikasi armada layanan Transjakarta.

Baca juga: Damri dan Transjakarta Luncurkan 26 Unit Bus Listrik, Ini Rutenya

"Dan berkontribusi secara signifikan dalam mewujudkan target emisi nol bersih Kota Jakarta dan Indonesia," sebut Welfizon.

Bank DKI melalui sinergi bersama Transjakarta, mewujudkan sistem transaksi non-tunai untuk kebutuhan tiket perjalanan Transjakarta, yakni melalui Kartu Uang Elektronik (JakCard), yang juga merupakan bagian dari solusi layanan perbankan digital dari Bank DKI untuk kebutuhan transportasi publik di Jakarta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com