Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Iryono
Praktisi Peneliti

Direktur Utama Pusat Riset Ekonomi dan Sosial Indonesia (PT.PRESISI)., Peneliti Praktisi

Permendag No 8/2024, Ancaman atau Tantangan bagi Industri Tekstil Nasional?

Kompas.com - 01/07/2024, 06:22 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

DITETAPKANNYA Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 8 Tahun 2024, mengubah nasib industri tekstil di Indonesia.

Alih-alih meningkatkan efisiensi industri tekstil nasional, nyatanya kebijakan ini justru menimbulkan badai pemutusan kerja di Industri tekstil yang tak terelakkan sejak kebijakan ini disahkan.

Mulanya, Permendag No 8/2024 dirancang untuk merespons perkembangan terbaru dalam perdagangan internasional, memperkuat mekanisme kuota dan lisensi impor, serta memfasilitasi kebutuhan industri nasional melalui impor bahan baku yang lebih terstruktur. Ini dilakukan dengan merelaksasi berbagai persyaratan impor.

Dua poin utama yang langsung berdampak pada industri tekstil nasional, yaitu pertama, menghilangkan persyaratan pertimbangan teknis untuk impor oleh pemegang API-P untuk 18 komoditas khusus.

Kedua, melonggarkan regulasi impor untuk sebelas kelompok komoditas termasuk elektronik dan tekstil.

Tak pelak, diterbitkannya Peraturan ini berdampak langsung pada industri domestik, importir, konsumen, dan pelaku perdagangan internasional. Aturan ini menempatkan industri lokal dalam kompetisi dengan produk asing di pasar domestik.

Sementara itu, importir diberikan fleksibilitas penuh untuk memasuki pasar dalam negeri. Konsumen dihadapkan pada pilihan kompleks, yaitu memilih produk dalam negeri atau produk impor yang sering kali memiliki harga lebih rendah.

Sejak peraturan tersebut diberlakukan pada 17 Mei lalu, setidaknya terdapat lebih dari 10.000 kontainer pakaian impor dari China yang membanjiri pasar lokal. Masuknya produk-produk asal China ini menjadi pesaing ketat bagi industri tekstil Indonesia.

Pasalnya, produk-produk dari China yang masuk ke Indonesia biasanya lebih murah dibandingkan produk-produk domestik.

Akibatnya industri tekstil di Indonesia dituntut untuk bekerja lebih efisien demi menghasilkan produk yang lebih murah sehingga dapat bersaing dengan produk luar.

Mereka yang tidak mampu bersaing, pada akhirnya akan tergilas dengan produk-produk impor yang merajai pasar domestik. Hal ini tentu menjadi gelombang ancaman mengerikan bagi industri yang tak mampu bersaing.

Badai PHK

Sejatinya, Permendag Nomor 8/2024 mempermudah impor barang pakaian jadi dengan menghapus syarat Pertimbangan Teknis (Pertek) dari beberapa produk, sehingga beberapa barang bahan jadi dapat masuk ke dalam negeri tanpa hambatan.

Syarat Pertek dihapus untuk berbagai komoditas seperti elektronik, alas kaki, pakaian jadi dan aksesorisnya, tas, katup, obat tradisional dan suplemen kesehatan, serta kosmetik dan peralatan rumah tangga.

Hal ini dilakukan untuk mempermudah masuknya produk tekstil impor yang mungkin lebih ekonomis atau lebih unggul dari segi kualitas. Langkah ini juga mendorong industri dalam negeri untuk meningkatkan efisiensi dan inovasi produk agar tetap bersaing.

Masalahnya adalah dampak akhir terhadap harga produk tekstil dalam negeri tidak dapat diprediksi secara pasti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com