Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Miliarder Ini Sumbangkan Rp 106,7 Triliun untuk Amal

Kompas.com - 18/03/2019, 13:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

BENGALURU, KOMPAS.com - Seorang miliarder India menyumbangkan kekayaannya untuk kegiatan amal. Dana sebesar miliaran dollar AS disumbangkan oleh Azim Premji, orang terkaya kedua di India, untuk yayasan amalnya.

Dilansir dari FOX Business, Senin (18/3/2019), Premji mendonasikan 34 persen saham miliknya di perusahaan teknologi yang dimilikinya, yakni Wipro ke Azim Premji Foundation. Saham tersebut senilai sekira 7,5 miliar dollar AS atau setara kira-kira Rp 106,7 triliun.

Menurut data Bloomberg Billionaires Index, kekayaan Premji hampir 19 miliar dollar AS. Kekayaannya tersebut menempatkan Premji pada posisi 52 daftar orang terkaya di dunia.

Baca juga: Jadi Miliarder Termuda di Dunia, Berapa Kekayaan Kylie Jenner?

"Ia telah mengalokasikan seluruh manfaat ekonomi setidaknya 34 persen saham di Wipro Ltd yang saat ini bernilai 7,5 miliar dollar AS yang dikendalikan entitas yang dikontrolnya untuk kegiatan amal," tulis Azim Premji Foundation dalam pernyataannya.

Yayasan nirlaba tersebut dibentuk pada tahun 2000 dan memiliki fokus pada perbaikan pendidikan di India. Pembentukan yayasan itu juga diikuti oleh pendirian Azim Premji University pada tahun 2010.

Wipro didirikan oleh ayah Premji pada tahun 1945 dan merupakan pabrik minyak nabati. Premji memimpin Wipro pada tahun 1966 menyusul wafatnya sang ayah, kala itu Premji berusia 21 tahun.

Baca juga: Donasi Para Miliarder Dunia Merosot, Ada Apa?

Pada awal era 1980-an, Wipro menjadi perusahaan layanan perangkat lunak. Saat ini Wipro memiliki lebih dari 160.000 pegawai.

Premji adalah orang India pertama yang bergabung dalam gerakan The Giving Pledge yang didirikan oleh Bill dan Melinda Gates, serta Warren Buffett. Gerakan ini mengajak para miliarder dunia untuk berkomitmen menyumbangkan lebih dari dua pertiga kekayaan mereka untuk kegiatan amal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com