Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segudang Titipan Susi untuk Edhy Prabowo...

Kompas.com - 24/10/2019, 13:01 WIB
Fika Nurul Ulya,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berpesan kepada penggantinya, Edhy Prabowo untuk terus menjaga laut dengan 3 pilar, yaitu kedaulatan, keberlanjutan, dan kesejahteraan.

Tindakan menjaga laut yang Susi maksud adalah dengan mengawal Perpres Nomor 44 Tahun 2016, menanggulangi alat tangkap tidak ramah lingkungan, dan mensejahterakan kehidupan nelayan maupun pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan.

"Saya titip Perpres 44 ke Bapak, saya juga titip penanggulangan alat-alat tangkap yang tidak ramah lingkungan, baik cantrang, bom, dinamit, supaya laut kita terus lestari," kata Susi Pudjiastuti di Gedung Mina Bahari III KKP, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Baca juga: Pengakuan Susi: Segala Macam Saya Terobos

Menurut Susi, laut Indonesia perlu dijaga karena laut merupakan satu-satunya sumber protein yang besar sekaligus sumber kehidupan yang mudah diakses oleh kebanyakan rakyat RI.

"Laut sangat accessible. Sekarang perikanan sudah terbuka, siapa saja bisa mancing, bisa nangkap pakai jaring, dan hasilnya ada. Barangkali itu yang saya ingin bapak pertahankan," jelas Susi.

Pesan Susi tidak sampai situ saja. Dia ingin Edhy mampu lebih unggul dari dirinya dalam membangun 10 politeknik kelautan pada tahun pertama masa jabatannya.

Terlebih, visi misi Jokowi adalah menciptakan SDM unggul dan berdaya saing termasuk di sektor kelautan dan perikanan.

Baca juga: Tak Lagi Jadi Menteri, Apa Rencana Susi?

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com