Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cadangan Devisa RI Turun Tipis Jadi 126,6 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 06/12/2019, 12:44 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan cadangan devisa Indonesia per November 2019 mencapai 126,6 miliar dollar AS.

Angka ini turun tipis dibandingkan pada bulan sebelumnya, yang mencapai 126,7 miliar dollar AS.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,5 bulan impor atau 7,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah dan berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

"Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan," kata Junanto Herdiawan, Direktur Departemen Komunikasi BI dalam keterangan resmi, Jumat (6/12/2019).

Baca juga: Cadangan Devisa Oktober 2019 Naik Menjadi 126,7 Miliar Dollar AS

Perkembangan cadangan devisa pada November 2019 ini disebabkan dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti adanya penerimaan devisa migas, penerimaan valas dan pengeluaran untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah.

"Ke;depan Bank Indonesia memandang cadangan devisa ini tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang baik," terang Junanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com