Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WEF: Kesenjangan Partisipasi Kerja Perempuan di Indonesia Masih Tinggi

Kompas.com - 23/12/2019, 05:06 WIB
Mutia Fauzia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com - Forum Ekonomi Dunia (WEF) baru saja merilis laporan Indeks Kesenjangan Gender Global (Global Gender Gap Index Report) untuk tahun 2020. Berdasarkan laporan tersebut, disektor partisipasi ekonomi dan kesempatan berusaha, Indonesia menempati posisi ke 68 dari 153 negara.

Di dalam catatan WEF, Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam hal keterlibatan perempuan dalam partisipasi ekonomi dan kesempatan berusaha. WEF menilai, meski kesenjangan antara laki-laki dan perempuan di bidang ekonomi masih cukup tinggi, namun terjadi perbaikan signifikan sejak tahun 2006.

Di tahun 2019, posisi Indonesia dalam keterlibatan perempuan di sektor ekonomi dan kesempatan berusaha naik 28 peringkat dari tahun sebelumnya. Indonesia telah menutup hingga 68,5 persen dari kesenjangan dalam hal partisipasi dan kesempatan ekonomi.

Baca juga: WEF: Butuh 2,5 Abad untuk Perempuan Capai Kesetaraan di Dunia Kerja

WEF menilai, peningkatan peringkat Indonesia adalah salah satu yang paling signifikan secara global.

Peningkatan peringkat tersebut didukung oleh lonjakan jumlah perempuan yang memegang peran-peran penting dan posisi atas di bidang kepemimpinan (55 persen), Indonesia pun menjadi satu dari enam negara di dunia, di mana peran-peran pemimpin atau posisi tinggi di dalam sebuah jabatan mayoritas di pegang oleh perempuan.

Namun demikian, Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah lantaran partisipasi kerja perempuan (54 persen) cenderung masih rendah jika dibandingkan laki-laki (83,9 persen). Selain itu, Indonesia juga masih harus berhadapan dengan isu kesenjangan distribusi pendapatan di mana pendapatan yang diperoleh pekerja perempuan hanya setengah dari yang didapatkan laki-laki.

Sementara untuk indeks secara keseluruhan, Indonesia menempati posisi 85 dari 154 negara. Indonesia telah menutup 70 persen dari kesenjangan gendernya.

Baca juga: Ini Langkah Menjadi Perempuan Cerdas secara Finansial

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com