Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2020, 21:02 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan pemutakhiran diagram timbang untuk data inflasi mulai tahun 2020.

Pemutakhiran tersebut membuat sejumlah penggambaran indeks harga konsumen (IHK) akan mengalami perubahan.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan, pemutakhiran diagram timbang bakal mengubah tampilan inflasi menurut kelompok pengeluaran saat rilis BPS tentang inflasi pada 3 Februari 2020 mendatang.

"Otomatis BPS mulai 3 Februari, tampilan inflasi menurut kelompok pengeluaran akan berubah," kata Kepala BPS Suhariyanto di Gedung BPS 1, Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Suhariyanto pun menyebut, pemutakhiran diagram timbang IHK 2018 ini menyempurnakan metodologi berdasarkan standar penghitungan IHK sesuai buku consumer price index manual yang menjadi rujukan United Nations (UN).

Selain itu, metodologi juga akan mengacu pada classification of individual consumption according to purpose (COICOP) tahun 2018, yang sebelumnya menggunakan tahun dasar 2012.

Nantinya, rilis inflasi akan mencakup kota yang lebih luas, dari 82 kota menjadi 90 kota, 33 ibukota provinsi menjadi 34 ibukota provinsi, dan 49 kabupaten/kota menjadi 56 kabupaten/kota.

"Maka mulai tahun 2020 ini, cakupannya akan diperluas sampai dengan 90 kota. Mungkin indikator inflasi akan lebih detil," ujar Suhariyanto.

Untuk meningkatkan akurasi, BPS juga mengubah paket komoditas menjadi 835 jumlah komoditas terpilih yang masuk dalam Paket Komoditas Nasional hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2018.

Komoditas terpilih tersebut menyempurnakan paket komoditas dan diagram timbang hasil SBH 2012 yang sebelumnya digunakan.

Dari 835 jumlah komoditas terpilih, terdapat 98 jumlah komoditas baru yang terpilih dan 101 jumlah komoditas yang hilang.

Beberapa komoditas baru yang terpilih, meliputi lampu LED/hemat energi, jasa penitipan anak/day care, tas travel/koper, kereta bayi/stroller, sewa tempat karaoke, obat-obatan herbal, charger, power bank, aksesoris hp, dan jasa foto studio.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com