Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curhat Bos BCA Belajar dari Krisis Tahun 1998...

Kompas.com - 10/06/2020, 14:06 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja menceritakan bedanya krisis 1998, krisis tahun 2008, dengan krisis pandemi Covid-19.

Dia menilai, krisis pandemi Covid-19 layaknya penyakit stroke. Pemulihan penyakit stroke cukup memakan waktu, begitupun dengan kondisi ekonomi yang terhantam Covid-19.

Tapi di krisis Covid-19, semua pelaku ekonomi lebih baik ketimbang krisis tahun 1998. Jahja bilang, kasus 1998 memang membawa pelajaran berarti bagi seluruh pelaku pasar, entah itu masyarakat, perbankan, maupun eksportir.

Baca juga: BCA Rogoh Rp 500 Miliar untuk Akuisisi Rabobank

"Kita bersyukur tahun 1998 itu mempersiapkan perbankan dan para pengusaha, memberikan suatu lesson yang sangat penting," kata Jahja dalam konferensi video, Rabu (10/6/2020).

Pelajaran untuk masyarakat adalah ketika terjadi rush money besar-besaran karena kepanikan masyarakat tahun 1998.

Masyarakat yang memindahkan uangnya ke bank besar berujung menarik dana hingga Dana Pihak Ketiga (DPK) terkuras.

"Pada awal 1998 terjadi gejolak Politik. Bank besar dan bank swasta, termasuk BCA terkena rumor masalah politik. Orang-orang yang tadinya memindahkan dana ke bank besar, langsung panik. Lebih dari 35 persen DPK kita dikuras," cerita Jahja.

Baca juga: Cara Buka Rekening Baru BCA lewat Mobile Banking

Dari fenomena itu, pemerintah mengeluarkan UU Nomor 10 Tahun 1998 yang mengamanatkan pembentukan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sebagai pelaksana penjaminan dana masyarakat.

"Masyarakat yang dananya Rp 2 miliar ke bawah, harusnya merasa jauh lebih tenang (karena ada penjaminan). Ini lesson (pelajaran) untuk masyarakat," ungkap Jahja.

Sementara pelajaran untuk perbankan adalah lebih hati-hati dalam setiap mengambil keputusan, agar manajemen risiko bisa terjaga saat krisis tiba-tiba menyerang.

"Dulu saya ingat, bank besar portofolio pinjaman dan dana dollar itu 40-50 persen dari BUKU. Contoh sekarang BCA, portofolio dollar hanya berani 8 persen, dulu 30 persen. Sampai sebegitu konservatifnya untuk menjaga things happen kita proteksi dari segi risk management," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com