Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Sentimen yang Pengaruhi Rupiah Hari Ini

Kompas.com - 17/09/2020, 10:09 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Analis sekaligus Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra mengatakan, rupiah hari ini berpotensi melemah. Sentimen negatif terhadap rupiah muncul dari Pernyataan the Fed yang mengatakan, ekonomi AS berisiko tertekan bila tidak ada stimulus lanjutan dari pemerintah.

Rupiah berpotensi melemah, pagi ini nilai tukar regional bergerak melemah terhadap dollar AS dan indeks saham regional juga mengalami tekanan,” kata Ariston kepada Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Ariston mengatakan, pernyataan The Fed memberi tekanan kepada aset berisiko pagi ini. Apalagi, hingga sekarang pemerintah AS masih belum sepakat dengan parlemen untuk merilis stimulus paket kedua.

Baca juga: IHSG Ditutup Turun 42 Poin, Rupiah Naik Tipis

Di sisi lain, The Fed juga menjelaskan kemajuan pemulihan ekonomi AS yang mungkin menjadi faktor penguatan dollar AS pagi ini.

Sementara itu, hari ini pasar masih menanti hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia. Ariston memprediksi, BI akan tetap mempertahankan suku bunga.

“Mungkin BI tetap mempertahankan pelonggaran moneter. Sikap BI ini mungkin bisa menahan pelemahan rupiah hari ini,” tegas dia.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini akan bergerak pada kisaran Rp 14.800 per dollar AS hingga Rp 14.950 per dollar AS.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pagi ini, dibuka menguat.

Melansir Bloomberg, pukul 09.10 WIB rupiah dibuka pada level Rp 14.808 per dollar AS, atau menguat 36 poin (0,24 persen) dibanding penutupan sebelumnya Rp 14.844 per dollar AS.

Baca juga: Pagi Ini IHSG Dibuka Positif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com