Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Menghasilkan Uang Selama di Rumah? Coba 6 Tips Ini

Kompas.com - 27/09/2020, 10:06 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berada di rumah dan menyaksikan pendapatan semakin terkikis tentu tidak menyenangkan, apalagi di masa pandemi Covid-19.

Tapi kamu tidak perlu khawatir. Meski sumber pendapatan telah berkurang, ada banyak hal lain yang dapat dilakukan seseorang untuk menghasilkan uang dengan tetap tinggal di rumah.

Bermodal banyak waktu saat di rumah, kamu dapat mencoba salah satu dari berikut ini untuk memulai.

Baca juga: 5 Cara Mudah Menghemat Uang di Akhir Pekan

Mengutip Entrepreneur, Minggu (27/9/2020), berikut ini beberapa ide yang bisa kamu tiru agar mampu menghasilkan uang secara online sambil tetap di rumah.

1. Mengajar online

Jika kamu punya kelebihan di bidang akademik, cobalah mulai sebuah kelas dan mengajar secara online. Saat pandemi, banyak orang-orang produktif yang menggunakan waktu luangnya untuk kembali belajar.

Kamu boleh mulai dengan sekelompok kecil, mungkin dari beberapa orang yang kamu kenal di lingkungan tempat tinggalmu. Atau bila sulit, cobalah iklankan layanan kamu untuk memulainya.

2. Buat blog

Masa pandemi Covid-19 adalah waktu terbaik untuk memulai blog khusus. Meskipun butuh waktu untuk berkembang, orang-orang kini lebih sering mengonsumsi konten dari rumah.

Blog dapat memperluas kolaborasi berbayar untuk penautan, periklanan, dan cara lain untuk menghasilkan pendapatan yang layak.

3. Freelance

Jika kamu seorang penulis, artis, atau orang dengan keahlian apapun yang dapat dilakukan secara online dari rumah, bekerja freelance adalah pilihan yang bagus.

Mulanya, perbarui profil media sosialmu, terutama LinkedIn. Relevankan dengan apa yang akan kamu tawarkan dan carilah klien. Lalu, tetapkan tarifmu dan dapatkan uang sesuai keinginanmu.

4. Pemasaran terafiliasi

Pandemi Covid-19 sebetulnya mencari momen yang bagus untuk kamu belajar tentang ilmu pemasaran yang terafiliasi. Jika kamu punya hal yang ingin kamu tonjolkan, entah itu bisnis atau keterampilanmu, cobalah untuk memasarkannya.

Kamu dapat memulainya dengan memosting di blog, Youtube, atau situs lain yang terafiliasi. Kemudian, sebarkan link-mu untuk dapat dilihat orang dan membuat mereka tertarik untuk membeli produkmu.

Baca juga: 4 Tips untuk Menemukan Pekerjaan Selama Pandemi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com