Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Mudah Menghemat Uang di Akhir Pekan

Kompas.com - 26/09/2020, 16:30 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir Pekan memanglah salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu banyak orang.

Setelah bekerja selama 5 hari, memanjakan diri di akhir pekan adalah pilihan tepat. Tapi banyak orang yang lebih boros mengeluarkan budget di akhir pekan lantaran banyaknya keinginan yang harus dipenuhi seperti ke salon, liburan hingga membeli berbagai makanan kesukaan.

Mengutip dari Womansday, Sabtu (26/9/2020), berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menghemat uang ketika akhir pekan.

Baca juga: 7 Cara Manjakan Diri di Tengah Pandemi dengan Biaya yang Hemat

1. Keluarkan kartu debit atau kartu kredit Anda dari dompet

Salah satu perencana keuangan dari San Fransisco, Liz Revenko mengatakan ketika Anda membayar sesuatu menggunakan kartu debit ataupun kredit, Anda tidak akan merasakannya. Oleh sebab itu dia meminta Anda untuk mengeluarkannya dari dompet Anda dan hanya membayar menggunakan melalui uang tunai.

Ketika Anda membayar menggunakan uang tunai, Anda bisa lebih tahu apa yang Anda belanjakan.

2. Cari barang gratis

Revenko bilang sebenarnya bersenang-senang dengan keluarga tidak perlu mahal. Anda bisa memilih untuk menonton serial film gratisan dari beberapa aplikasi atau meminjam film klasik dari perpustakaan.

Anda juga bisa membuat hiking kecil-kecilan di belakang rumah anda dengan membuat api unggun.

3. Kemas makanan ringan

Anda bisa mengemas beberapa makanan darurat di mobil atau di tas Anda. Seperti kacang-kacangan, Granola dan banyak lainnya.

Cara ini bisa membuat Anda lebih hemat dan tidak memilih untuk membeli makanan cepat saji atau makanan cemilan dari pom bensin atau minimarket. 

4. Buat rencana konsumsi makanan keluarga Anda 

Sesekali Anda bisa meluangkan waktu Anda untuk merencanakan menu-menu apa saja yang Anda belanjakan dalam waktu seminggu. Anda bisa membuat berbagai resep menu makanan yang dijual di berbagai resto yang bisa Anda olah sendiri.

Baca juga: Hindari Stres Keuangan, Terapkan 3 Cara Hemat Ini Sehabis Gajian

Manfaatnya banyak. Selain hemat, makanan olahan sendiri biasanya lebih rendah kalori. Jadi cara ini bisa Anda lakukan bukan hanya untuk berhemat, tetapi juga bisa meningkatkan kesehatan keluarga Anda.

5. Siapkan dana untuk menyenangkan diri

Revenko mengatakan tidak masalah memang jika ingin memberikan hadiah kecil untuk diri sendiri atas kerja keras selama seminggu. Oleh sebab itu dia menyarankan Anda untuk membuat list kegiatan-kegiatan apa saja yang ingin Anda lakukan ketika weekend dan hitung juga berapa biaya yang akan dikeluarkan untuk hal itu.

Selain itu dia juga menyarankan Anda untuk memberikan batasan-batasan pilihan pada saat ingin berpergian termasuk berbelanja untuk bersenang-senang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com