Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bersih Unilever Turun di Kuartal III

Kompas.com - 23/10/2020, 15:21 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Unilever Indonesia, Tbk (UNVR) catatkan laba bersih sebesar Rp 5,4 triliun pada kuartal III tahun 2020 atau turun 1,27 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu Rp 5,51 triliun.

Presiden Direktur PT Unilever Indonesia Hemant Bakshi mengatakan, kondisi pandemi yang berkepanjangan, membuat perseroan berfokus pada tiga hal yaitu memastikan kesehatan dan keselamatan karyawan, menjawab kebutuhan konsumen dan pelanggan, serta terus berkontribusi pada masyarakat Indonesia.

“Meskipun sulit untuk memprediksi berapa lama pandemi ini akan berlangsung, prioritas kami tetap sama dan konsisten, yaitu membangun bisnis yang mampu bersaing di masa sulit seperti ini,” kata Hemant melalui siaran pers, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: UMKM Bisa Dapat Bantuan Modal Kerja dari Unilever, Ini Syaratnya

Pada tahun berjalan September 2020, pertumbuhan penjualan bersih perseroan sebesar Rp 32,4 triliun, atau tumbuh tipis 0,3 persen. Pertumbuhan penjualan ini didorong oleh pertumbuhan penjualan domestik sebesar 0,8 persen.

Perseroan juga mencatat peningkatan positif pada penjualan ritel domestik (tanpa UFS) sebesar 1,7 persen. Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan penjualan produk kesehatan dan kebersihan, seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan selama pandemi.

Pertumbuhan kinerja perusahaan juga terdorong oleh peluncuran berbagai inovasi yang relevan untuk menjawab kebutuhan konsumen di tengah pandemi ini.

Beberapa produk tersebut antara lain, Rinso Laundry Disinfektan, Vixal Bleach Disinfektan dan Molto Fabric Spray.

Untuk kategori Ice Cream, produk baru yang diluncurkan adalalah Walls Unicornetto Mini Pack. Perseroan juga menyesuaikan daya beli masyarakat yang saat ini sedang baik, yaitu produk Lifebuoy Sabun Mandi Cair kemasan Rp 5.000.

“Kami yakin dapat memperkuat daya saing di lintas kategori dan channel, kami berada di jalur yang tepat untuk tetap menjadi yang terdepan di saat ini dan masa mendatang,” tegas Hemant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com