Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Teten: UMKM Digital Produktif Kunci Pemulihan Ekonomi Indonesia

Kompas.com - 06/11/2020, 12:45 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan salah satu kunci produktivitas dan pertumbuhan UMKM adalah dengan berinovasi.

Dia menyebutkan, cara ini penting dilakukan untuk mengetahui potensi yang dimiliki, sehingga bisa mendorong inovasi yang tepat di masa pandemi.

"Banyak di antaranya yang tidak mampu bertahan, oleh sebab itu para UMKM harus berinovasi agar usahanya bisa kembali berakitivitas," ujarnya mengutip siaran resminya, Jumat (6/11/2020).

Baca juga: Tren Belanja Online Bisa Jadi Peluang UMKM

Menurut Teten, UMKM yang mampu bertahan adalah mereka yang mampu beradaptasi dan berinovasi dalam mengembangkan produk/ jasanya, serta UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital.

Oleh sebab itu, pemerintah melalui Kemenkop UKM berupaya untuk memastikan berjalannya roda ekonomi dan aktivitas usaha pelaku UMKM, dengan menghubungkan ke ekosistem digital serta beradaptasi dengan tren pasar dan inovasi proses bisnis.

"UMKM digital produktif merupakan kunci pemulihan ekonomi. Tercatat setidaknya sejak pandemi terjadi, penjualan di e-commerce naik 26 persen dan mencapai 3,1 juta transaksi per hari. Namun demikian angka awal 2020 pemerintah mendata baru 8 juta UMKM hadir dalam platform digital atau 13 persen dari total populasi UMKM," ungkapnya.

Baca juga: Asosiasi UMKM: UU Cipta Kerja Buka Kesempatan Besar bagi Usaha Mikro, tetapi...

Dia mengakui, saat ini pemerintah juga tengah menggenjot transformasi digital UMKM yang saat ini upaya tersebut telah membuahkan hasil seperti melalui Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Melalui gerakan ini, seluruh elemen pemerintah telah bersinergi menghadirkan pelaku UMKM dalam ekosistem digital. Saat ini, disebutkan dia, ada sebanyak 10.255.711 pelaku UMKM atau 16 persen yang telah memanfaatkan platform digital.

"Angka ini telah melampaui target yang ditetapkan pak Presiden Joko Widodo yaitu penambahan 2 juta pelaku usaha di 2020," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com