Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 2 Subsektor Ekonomi Kreatif yang Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19

Kompas.com - 07/07/2021, 08:59 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengungkapkan ada beberapa subsektor ekonomi kreatif yang mampu tumbuh di tengah pandemi Covid-19.

“Beberapa sektor ekonomi kreatif justru mengalami pertumbuhan yaitu sektor aplikasi dan game developer,” kata Sandiaga seperti dilansir dari Instagram, Rabu (7/7/2021).

Sandiaga mengatakan, dengan pertumbuhan pada sektor tersebut tentunya membuka peluang usaha dan lapangan kerja. Dia mengatakan, sektor yang bertumbuh inilah yang mampu dengan cepat beradaptasi dengan mengadopsi digitalisasi.

Baca juga: PPKM Darurat, Sandiaga: Semua Pusat Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jawa-Bali Tutup

Di sisi lain Sandiaga juga menilai sektor kuliner, fashion, dan kerajinan tangan atau kria juga mengalami pertumbuhan di tengah pandemic Covid-19.

Namun demikian, sebagian pelaku UMKM yang masih menjual produknya secara konvensional. Maka itu, pihaknya terus mendorong agar bisa masuk ke dalam ekonomi digital.

“Sektor-sektor ini harus melakukan adaptasi, kami mengakselerasi mereka masuk ke digital dengan fasilitas boarding sehingga mereka bukan hanya menjual produk secara online tapi juga menciptakan konten kreatif untuk bertahan bahkan menembus pasar ekspor,” tegas dia.

Sandiaga memastikan Kemenparekraf siap memfasilitasi dengan pelatihan-pelatihan yang tepat manfaat demi mencetak pemenang-pemenang pandemi yang membuka luas lapangan kerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com