Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Penuhi Kebutuhan Pasien Covid-19, Sinar Mas Kirim Bantuan Oksigen Cair ke Sumsel dan Jabar

Kompas.com - 12/07/2021, 17:45 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Managing Director Sinar Mas Saleh Husin mengatakan, pihaknya berupaya mengoptimalkan produksi oksigen cair guna memenuhi kebutuhan para pasien Covid-19 di sejumlah daerah.

Terutama, kata dia, untuk mengatasi kekurangan oksigen di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel), Riau, Jambi dan Pulau Jawa.

Untuk itu, Sinar Mas mengirimkan bantuan perdana oksiden cair kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan Pemprov Jawa Barat (Jabar)

“Bantuan ini murni program corporate social responsibility (CSR) kami. Sebab, kami melihat tingkat permintaan masih tinggi dan ketersediaan oksigen di masyarakat juga langka,” ujar Saleh saat menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis, di Palembang, Senin (12/7/2021).

Hadir dalam penyerahan bantuan tersebut Gubernur Sumsel Herman Deru dan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel serta Panglima Kodam (Pangdam) Sriwijaya.

Baca juga: Angka Positif Covid-19 Capai 38.391, Gus Menteri Minta Warga Desa Lakukan Ini

Sementara itu, dari Pemprov Jabar hadir person in charge (PIC) Monitoring Program Pengadaan Oksigen Jabar Elp N dan Wakil Ketua Posko Harian Oksigen Jabar Begin Troys.

Adapun bantuan tersebut selanjutkan akan diserahkan kepada dinas terkait sebagai distributor oksigen gratis ke rumah sakit yang membutuhkan.

Salah berharap, bantuan oksigen cair dari Sinar Mas ini bisa membantu pemerintah untuk segera menurunkan angka positif Covid-19 di Indonesia.

“Pengiriman perdana itu sedianya akan segera diikuti dengan pengiriman ke wilayah lain yang membutuhkan,” ucap Saleh dalam siaran pers resmi Sinar Mas, seperti dikutip Kompas.com, Senin.

Pengiriman perdana bantuan itu dilakukan dengan menggunakan dua unit ISO Tank kapasitas 15 ton, sehingga total pengiriman sebanyak 30 ton.

Baca juga: Setelah Dikeluhkan Nakes, RS Bhina Bhakti Rembang Dapat Bantuan Oksigen

Oksigen cair tersebut akan diangkut ke pusat distribusi untuk kemudian dilakukan pengisian ke dalam tabung-tabung oksigen. Tujuan akhirnya akan didistribusikan untuk rumah sakit (rs) yang membutuhkan.

Direalisasikan melalui pengadaan stok oksigen 1.200 ton per bulan

Untuk diketahui, Sinar Mas melalui pilar usaha Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas berkomitmen dalam membantu pengadaan liquid oxygen dan gas oksigen.

Komitmen ini direalisasikan melalui pengadaan stok oksigen sebanyak 1.200 ton per bulan yang akan dipasok oleh PT OKI Pulp & Paper Mills, PT Indah Kiat Pulp & Paper (Perawang Mill) dan PT Lontar Papyrus Pulp & Paper Industry.

Dari kapasitas 1.200 ton liquid oxygen, setidaknya akan mampu mengisi sekitar 1 juta tabung oksigen medis dengan volume 1 meter kubik (M3).

Terlebih di masa pandemi Covid-19, PT OKI Pulp & Paper Mills mengaku akan mengoptimalkan produksi oksigen harian serta produksi ekstra. Hal ini dalam rangka pengadaan oksigen untuk pasien Covid-19.

Baca juga: Luhut Minta Pengadaan Oksigen untuk Pasien Covid-19 Dipercepat

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com