Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Proyek Kereta Cepat, Jasa Marga Akan Lakukan Pengalihan Lalu Lintas

Kompas.com - 29/07/2021, 21:30 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jasa Marga Metropolitan Tollroad akan melakukan pengalihan jalur, baik dari arah Bandung maupun Jakarta sebagai langkah antisipasi terjadi kepadatan lalu lintas yang dikarenakan adanya pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung milik PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Jasa Marga Metropolitan Tollroad bersama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk sebagai kontraktor pekerjaan ini juga menyiapkan dan memasang rambu pengaturan lalu lintas, menyiagakan petugas pengaturan lalu lintas serta memastikan petugas tetap menjaga protokol kesehatan di lokasi pekerjaan.

"Selama pekerjaan berlangsung atas diskresi dan berkoordinasi dengan pihak Kepolisian serta Dinas Perhubungan Kota Bandung, Jasa Marga akan memberlakukan pengalihan lalu lintas yaitu kendaraan dari Jakarta menuju Bandung dialihkan keluar di Gerbang Tol (GT) Moh. Toha," jelas General Manager Representative Office 3 Jasa Marga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto melalui keterangan tertulis, Kamis (29/7/2021).

"Kemudian masuk ke jalan nasional Soekarno Hatta dan masuk tol kembali di Gerbang Tol Buah Batu. Begitu juga sebaliknya kendaraan dari Bandung menuju Jakarta akan dialihkan keluar GT Buah Batu dan dapat masuk kembali di GT Moh. Toha," lanjut Thomas.

Baca juga: Ini Daftar Lengkap Passing Grade CPNS 2021

Pekerjaan proyek KCIC yang berada di atas Jalan Tol Padaleunyi rencananya akan dilaksanakan mulai Jumat (30/7/2021), dari pukul 00.00 WIB hingga pukul 02.00 WIB. Selama pekerjaan berlangsung akan dilakukan pengaturan lalu lintas di kedua arah dan memastikan keamanan pengguna jalan.

Tak lupa, pihak Jasa Marga menyampaikan maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat pekerjaan tersebut serta mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati-hati, mengatur waktu perjalanannya. Dan juga mengecek kondisi lalu lintas perjalanan melalui aplikasi Travoy 3.0 atau peta perjalanan digital lainnya jika diperlukan.

"Lakukan pembaharuan informasi lalu lintas di jalan tol dengan mengakses kanal informasi resmi milik Jasa Marga, di Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080," kata dia.

Sebelumnya, dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (8/7/2021), Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah mencapai sekitar 78 persen. Pemerintah pun menargetkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan rampung pada 2022 mendatang.

Baca juga: Kemenaker Ungkap Tiga Tantangan dalam Transformasi Ketenagakerjaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com