Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volta Akan Bangun Pabrik Sepeda Motor Listrik di Indonesia

Kompas.com - 02/11/2021, 14:35 WIB
Elsa Catriana,
Ambaranie Nadia Kemala Movanita

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Volta Indonesia Semesta, anak perusahaan patungan PT NFC Indonesia Tbk, MCAS Group dan SiCepat dalam waktu yang dekat ini akan membangun pabrik sepeda motor listrik pertamanya di Indonesia.

Direktur PT Volta Semesta Indonesia, Willty Awan mengatakan, pihaknya akan memproduksi Motor listrik volta dengan Battery Replacement System (SGB) sebagai inovasi penggerak yang bertujuan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

Baca juga: PLN Borong 77 Unit Motor Listrik dari Volta, untuk Apa?

"Hal ini sejalan dengan upaya kami mendukung pemerintah Indonesia dalam mengimplementasikan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. (KBLBB) yang menargetkan pertumbuhan jumlah mobil listrik menjadi 374.000, sepeda motor listrik menjadi 11,8 juta," ujar Willty dalam siaran persnya dikutip Kompas.com, Selasa (2/2/2021).

Tak hanya itu, Volta juga akan membangun Stasiun Pengisian Tenaga Listrik Umum (SPKLU) 6.000 dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) menjadi 17.000 pada tahun 2025.

Volta diharapkan bisa mengembangkan inovasi untuk membantu kemajuan Indonesia khususnya di bidang transportasi yang ramah lingkungan.

Dengan memiliki 4 tipe sepeda listrik dan 1 tipe motor listrik serta 3 tipe motor listrik roda tiga, Volta siap menembus pasar kendaraan listrik Indonesia yang saat ini sedang didukung kuat oleh Pemerintahan Jokowi.

Baca juga: Temui Perwakilan BMW dan Mercy, Menperin Beberkan Peluang Investasi Kendaraan Listrik

“Menyadari proposisi nilai Indonesia yang lebih hijau, NFCX senang bekerja sama dengan Volta untuk menghadirkan kendaraan bermotor ramah lingkungan yang didukung oleh teknologi Internet-of-Things (IoT) yang kuat," kata Presiden Direktur NFCX, Abraham Theofilus.

"Pengguna Volta akan dapat mengatur kendaraan listrik dan penggunaan baterai mereka dengan nyaman melalui platform digital yang didukung oleh NFCX. Dengan demikian, kami berharap dapat memperkuat kegunaan dan mengurangi keraguan yang terkait dengan adopsi EV terutama pada jarak tempuh dan frekuensi penggunaan," sambung dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com