Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Perusahaan Raksasa yang Merintis Bisnis dari Garasi

Kompas.com - 10/12/2021, 06:11 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Muhammad Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahan besar juga pernah mengalami masa sulit di awal berdirinya sebelum berhasil sukses. Bahkan banyak perusahaan besar yang mengawali bisnisnya di garasi.

Orang-orang yang sekarang dikenal sebagai miliarder pun sebelumnya merupakan orang biasa seperti pada umumnya. Mereka bisa menjadi seperti sekarang ini karena memiliki dorongan dan motivasi yang besar untuk menjadi sukses.

Jadi meski memulai bisnis dengan cara yang sederhana tapi dengan motivasi tersebut, mereka bisa membangun perusahaan raksasa.

Dalam daftar ini, beberapa perusahaan terbesar di dunia yang dimulai di garasi dilansir dari situs Scoopwhoop:

Baca juga: Deretan Sekolah Termahal di Indonesia, Ada yang Biayanya Seharga Fortuner

1. Amazon

Marketplace terbesar di dunia memulai operasinya di garasi rumah Jeff Bezos di Bellevue, Washington, Amerika Serikat. Namun, Amazon mulanya hanya berupa toko buku online di mana modalnya dari uang pribadi Jeff Bezos sebesar 10.000 dollar AS atau Rp 143 juta.

Meskipun butuh hampir setahun penuh bagi Amazon untuk menjual buku pertama mereka, bisnis itu mulai tumbuh secara eksponensial dan kini menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia senilai hampir 300 miliar dollar AS.

2. Microsoft

Inilah raksasa teknologi yang memiliki awal yang kecil. Ketika Bill Gates dan Paul Allen memulai Microsoft, mereka memiliki garasi kecil dan sumber daya yang sangat sedikit untuk digunakan.

Namun, sesuatu yang mereka miliki dalam jumlah besar adalah keterampilan pemrograman mereka yang digunakan untuk membangun sistem operasi pertama mereka dan melisensikannya seharga 80.000 dollar AS atau Rp 1,14 miliar.

Beberapa tahun kemudian Windows lahir, lalu Microsoft kini senilai lebih dari 400 miliar dollar AS. Microsoft telah menguasai pasar PC selama lebih dari dua dekade, menjadikan Bill Gates orang terkaya di planet ini.

Baca juga: Deretan 10 Negara Termiskin di Dunia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com