Deretan Sekolah Termahal di Indonesia, Ada yang Biayanya Seharga Fortuner

Kompas.com - 06/12/2021, 07:36 WIB
Ilustrasi sekolah termahal di Indonesia biasanya berbasis internasional. Dok. ShutterstockIlustrasi sekolah termahal di Indonesia biasanya berbasis internasional.
Penulis Isna Rifka
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pendidikan menjadi salah satu penentu tingkat sosial di masyarakat. Tak jarang orang tua kini berlomba menyekolahkan anaknya di sekolah termahal.

Selain ingin agar anaknya pintar dan masuk ke universitas ternama, orang tua juga memiliki kebanggan tersendiri karena mampu menyekolahkan anaknya di sekolah paling mahal.

Sekolah termahal di Indonesia menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang proses belajar anak dengan nyaman.

Berdasarkan laman platform pembiayaan pendidikan Pintek.id, sekolah termahal di Indonesia umumnya merupakan sekolah internasional yang terletak di Jakarta.

Sekolah internasional umumnya menggunakan kurikulum berbasis internasional seperti kurikulum International Baccalaureate (IB) atau International General Certificate of Secondary Education (IGCSE).

Baca juga: Cara Buka Rekening BCA Online Supaya Dapat Voucer Rp100.000

Tak hanya memiliki metode pembelajaran yang berbeda dengan sekolah nasional pada biasanya, siswa sekolah termahal ini juga menggunakan bahasa Inggris saat berada di lingkungan sekolah.

Dengan fasilitas dan tenaga pendidik yang mumpuni, maka jangan heran jika biaya masuk sekolah termahal di Indonesia setara harga satu mobil mewah Toyota Fortuner yang harganya hampir Rp 500 juta.

Berikut jajaran sekolah termahal di Indonesia:

1. Jakarta Intercultural School (JIS)

Sekolah yang berada di di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan ini termasuk ke dalam salah satu sekolah termahal di Indonesia.

Untuk menempuh studi di sekolah termahal di Jakarta berlabel internasional ini, para orangtua harus menyiapkan uang sekitar Rp 496,5 juta per tahun.

Baca juga: Profesi dengan Risiko Besar, Berapa Gaji Pilot Per Bulan?

Total biaya pendidikan tersebut sudah termasuk uang masuk Rp 22 juta per tahun, uang pendaftaran Rp 5 juta, uang pengembangan sekolah Rp 54,6 juta per tahun dan uang sekolah sebesar Rp 419 juta per tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.