Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga Uno: NFT dan Metaverse Peluang bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

Kompas.com - 18/01/2022, 09:41 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menilai, pesatnya perkembangan digital bisa menjadi peluang pelaku seni untuk dapat mengambil kesempatan dalam memperoleh keuntungan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

“Di tengah-tengah NFT (Non-Fungible Token) dan juga bagaimana memonetisasi karya-karya seni di dalam metaverse kita melihat ada ruang. Beberapa karya yang bisa masuk ke dalam metaverse ini, menurut saya akan membuka peluang usaha dan kesempatan kerja dan akan meningkatkan penghasilan dari pada pelaku ekonomi kreatif,” kata Sandiaga dalam siaran pers, Senin (17/1/2022).

Dalam kunjungannya ke Museum Pasifika Bali, Sandiaga mengungkapkan Museum Pasifika mengalami penurunan yang signifikan saat pandemi Covid-19. Dengan masuk ke dunia metaverse, Sandiaga yakin Museum Pasifika akan mendapat peluang usaha baru.

Baca juga: Mengenal Lebih Dekat Apa Itu NFT

Di samping itu, Museum Pasifika melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi, salah satunya dengan memperoleh sertifikasi CHSE. Tidak hanya Museum Pasifika, Sandiaga berencana melakukan roadshow ke beberapa museum agar museum tidak hanya menjadi tempat yang statis, tetapi juga mampu memiliki aspek teknologi yaitu dengan NFT.

“Kita akan lakukan roadshow ke beberapa museum karena museum ini harus bertransformasi dari tadinya museum yang statis menjadi living monument, harus mampu bercerita, harus mampu memiliki aspek teknologi yaitu dengan NFT,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Pendiri Museum Pasifika Philippe Augier mengungkapkan kesiapannya dalam memasuki era Metaverse. Dia juga mengatakan sudah menandatangani kontrak dengan suatu perusahaan agar para seniman bisa menjadikan karya seni mereka sebagai aset digital yang dapat diperjualbelikan.

“Kita siap, pasti. Tadi Menteri juga sampaikan tentang NFT dan kita sudah menandatangani kontrak dengan suatu perusahaan untuk bikin beberapa karya seni sebagai NFT,” kata Philippe.

Baca juga: Mengenal Metaverse yang Ramai Diperbincangkan dan Kaitannya dengan Kripto

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com