Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Kemacetan Usai Balapan MotoGP Mandalika, Ini Kata Kemenhub

Kompas.com - 22/03/2022, 06:39 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan mengevaluasi terkait bantuan bus MotoGP 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan banyak masyarakat yang belum terlayani oleh bus bantuan saat hari terakhir pelaksanaan MotoGP 2022 di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Kami meminta maaf atas kejadian tersebut sehingga mengakibatkan kemacetan dan sejumlah penumpang tidak terlayani dengan baik. Kami besok akan segera menggelar rapat evaluasi untuk melihat penyebabnya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (21/3/2021).

Baca juga: Arus Balik Penonton MotoGP Mandalika, Kemenhub Siapkan 59 Penerbangan Tambahan Hari Ini

Ditjen Hubdat mendukung kegiatan MotoGP Mandalika 2022 melalui 287 unit shuttle bus berkapasitas 24 penumpang, 278 unit bus antarmoda, manajemen rekayasa lalu lintas, serta dukungan dari layanan penyeberangan.

Menurut dia, jumlah dukungan kendaraan tersebut sebenarnya mencukupi dan telah dilakukan koordinasi dengan sejumlah instansi termasuk kepolisian.

Keramaian penonton yang keluar dari Sirkuit Mandalika hampir bersamaan sehingga mengakibatkan kemacetan. Kemudian membuat distribusi bus jadi terlambat sehingga terdapat antrian panjang masyarakat yang mau naik bus untuk pulang.

"Hanya saja memang di hari terakhir jumlah penonton banyak sekali dan pulangnya bersamaan, itu yang menyebabkan ada masyarakat yang tidak tercover dengan baik," kata dia.

Potret kemacetan di area Mandalika setelah perhelatan MotoGP Indonesia rampung pada Minggu (20/3/2022).KOMPAS.com/RESKA K. NISTANTO Potret kemacetan di area Mandalika setelah perhelatan MotoGP Indonesia rampung pada Minggu (20/3/2022).

Baca juga: Kemacetan Usai Balapan MotoGP Mandalika: Penonton Gedor-gedor Bus, Sirkuit-Parkiran Butuh 3 Jam

Kendati demikian dia tetap akan mengundang sejumlah instansi terkait untuk memberi masukan sekaligus mengevaluasi kejadian tersebut.

"Kami mencoba untuk mengevaluasi sekaligus memperbaiki dukungan bus kami sehingga ke depannya tidak terjadi peristiwa serupa. Komitmen kami dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Semoga kejadian tersebut dapat menjadi pelajaran bagi kami ke depannya," ucapnya.

Dia juga mengapresiasi kinerja seluruh pihak yang terlibat dalam gelaran MotoGP Mandalika 2022. Kegiatan tersebut telah berjalan dengan lancar dan sukses sejak 18 sampai 20 Maret 2022 kemarin di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah.

"Kami berterima kasih atas kolaborasi berbagai instansi baik pemerintah, swasta, penyelenggara, dan semua pihak yang telah membantu kami dalam mendukung kegiatan ini. Termasuk antusiasme masyarakat Indonesia yang sangat menggebu dalam menyaksikan MotoGP," tutur dia.

Baca juga: Soal Aksi Pawang Hujan Mbak Rara di MotoGP, Sandiaga Uno: Bagian Kearifan Lokal

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com