Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepanjang Tahun 2021, KIOS Catat Laba Bersih Rp 2,5 Miliar

Kompas.com - 10/05/2022, 13:00 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kioson Komersial Indonesia Tbk (KIOS), emiten teknologi yang bergerak di bidang e-commerce, telekomunikasi, keuangan, dan merchandising, mencatatkan laba bersih sebesar Rp 2,5 miliar setelah pada tahun 2020 mengalami kerugian Rp 41,9 miliar. pada tahun 2020.

CEO KIOS Andrew mengatakan, dari sisi penjualan, KIOS berhasil mencatatkan penjualan selama tahun 2021 sebesar Rp 339 miliar dengan kontribusi pendapatan terbesar berasal dari iklan dan groceries yang melesat tumbuh sepanjang tahun 2021.

“Kami bersyukur bisa melewati tahun 2021, dimana pencapaian ini tidak terlepas dari berbagai upaya dan efisiensi yang dilakukan Perseroan sehingga KIOS mampu mempertahankan eksistensinya hingga hari ini,” kata Andre dalam siaran pers Selasa (10/5/2022).

Baca juga: IHSG Masih Dibayangi “Panic Selling”, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Perseroan juga membukukan laba kotor menjadi sebesar Rp 15,3 miliar atau naik 124 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2020 sebesar Rp 6,8 miliar. Dengan pencapaian tersebut, KIOS optimis di tahun ini bisa menumbuhkan kinerja.

“Kami optimis menatap tahun 2022 dengan berbagai strategi yang akan dijalankan untuk terus bertumbuh. Melihat semakin berkembangnya pasar e-commerce dan FMCG (Fast Moving Consumer Goods),” ujar Andre.

Perseroan juga menambah Gudang Pintar hingga 145 Gudang yang tersebar pada tahap awal di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jabotabek serta terus diperluas ke seluruh Indonesia. Adapun gudang tersebut terletak di Batu Retno Wonogiri, Juwiring Klaten, dan Gemolong Seragen.

“Sampai Maret 2022, KIOS telah memiliki 145 gudang dengan 92.789 mitra warung UMKM (Usaha Mikro Kelas Menengah) dan akan terus diperluas oleh Perseroan,” tambah Andre.

Baca juga: 5 Saham Big Caps Ini Terjun Bebas Saat IHSG Jeblok, Apa Saja?

Selain itu, Perseroan juga telah bekerjasama dengan berbagai brand FMCG melalui layanan Retail Kita, seperti Indofood, Mayora, Sinarmas, Focus, Javaprima, Kapal Api Group, dan Orang Tua Group.

“Ekspansi ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah para pelaku bisnis serta UMKM dalam memenuhi kebutuhan pesanan dan informasi ketersediaan stok barang dengan harga yang kompetitif,” jelas dia.

Sepanjang tahun 2021, KIOS tercatat telah menambah 100 GudangPintar yang Sebagian besar ditujukan untuk menggarap pasar UMKM di Jawa Timur, seperti di Kabupaten Nganjuk, Mojokerto, Ngawi, dan Malang serta memberikan solusi logistik bagi para mitra ritel secara cepat dan efisien dalam memenuhi kebutuhan order kepada para pelanggan secara online-to-offline.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com