Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Gandeng Kominfo dan BSSN dalam Investigasi Dugaan Kebocoran Data Pelanggan

Kompas.com - 20/08/2022, 20:48 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PLN gerak cepat melakukan investigasi dan penanganan data pelanggan yang diduga bocor di internet. PLN didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk memberikan perlindungan data pribadi masyarakat.

Hasil penelusuran hingga Sabtu (20/8/2022), pukul 13.00 WIB, sistem data pelanggan aktual PLN aman dan tidak dimasuki oleh pihak luar. Pengecekan dilakukan pada data center utama PLN melalui sistem dari berbagai perimeter dan semua dalam kondisi aman.

"Kami terus berkoordinasi dengan Kominfo dan BSSN untuk menemukan sumber data pelanggan yang beredar di internet sekaligus upaya untuk peningkatan pengamanan," ucap Juru Bicara PLN Gregorius Adi Trianto melalui keterangan resmi.

Baca juga: PLN Klarifikasi Dugaan 17 Juta Data Pribadi Pelanggan Bocor dan Dijual

Gregorius mengatakan saat menilik beberapa data yang dimunculkan di media sosial ternyata merupakan replikasi data pelanggan yang bersifat umum dan tidak spesifik. Dugaan kuat, data tersebut diambil dari aplikasi dashboard data pelanggan untuk keperluan analitik.

"Data itu bukan merupakan data riil transaksi aktual pelanggan dan tidak update, sehingga diperkirakan tidak berdampak besar bagi pelanggan. Secara umum, pelayanan kelistrikan kepada pelanggan tidak terganggu," jelasnya.

PLN mengaku akan terus menerapkan keamanan berlapis bersama BSSN dengan tujuan memperkuat dan melindungi data-data pelanggan.

"Sesuai ketentuan yang berlaku, kami selaku Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) tentu memproses lebih lanjut hal ini dengan dibantu oleh Kementerian Kominfo dan menindaklanjuti rekomendasi untuk menyelesaikan investigasi dan langkah-langkah perbaikan bersama, sehingga data pribadi tetap terlindungi," pungkasnya.

Baca juga: Data 17 Juta Pelanggan Diduga Bocor, PLN Lakukan Investigasi


Awal dugaan bocornya data pelanggan PLN

Beredar data 17 juta pelanggan PLN yang diperjualbelikan di Breach Forums. Forum online itu tengah ramai diperbincangkan di media sosial Twitter yang diviralkan oleh akun @kotakmakan.

Berdasarkan tangkapan layar Breach Forums yang didapat Kompas.com, penjual menawarkan data pelanggan PLN tanpa menyebutkan harga.

Adapun data yang dijual mulai dari informasi ID pelanggan, nama, dan alamat konsumen, hingga besarnya penggunaan listrik dalam Wh dan tipe energinya.

Penjual tersebut pun memberikan 10 sampel data dari 17 juta data pelanggan PLN yang dijualnya untuk menyakinkan calon pembeli.

Baca juga: Laba PLN Melonjak Jadi Rp 17,4 Triliun, Stafsus Erick Thohir: BUMN Berada di Jalur yang Benar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com