Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahlil: Investor dari Korsel Ingin Investasi di IKN, Salah Satunya LG

Kompas.com - 24/08/2022, 19:25 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebutkan, total nilai investasi dari Korea Selatan yang digelontorkan ke Indonesia sebesar 6,72 miliar dollar AS atau setara Rp 100 triliun lebih.

Bahlil bilang, kemungkinan dari total investasi tersebut akan diperuntukkan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur. Komitmen investasi dari Korea Selatan ini hasil dari kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke tiga negara beberapa waktu lalu.

Baca juga: Akses Utama Menuju IKN Nusantara Sudah Capai 77 Persen

"Kita tahu bahwa Bapak Presiden melakukan kunjungan kerja ke China, Jepang dan Korea, di mana salah satu komitmen investasi dari Korea sebesar 6,72 miliar dollar AS atau setara Rp 100 triliun lebih," ujarnya melalui keterangan pers virtual hasil Rapat Terbatas, Rabu (24/8/2022).

"Tadi kami laporkan ke Bapak Presiden, terkait diskusi kami dengan beberapa investor dari Korea, juga ingin investasi di IKN. Salah satunya adalah LG," sambung Bahlil.

Baca juga: Korsel Bantu 4 Hal di Proyek IKN, dari Pemurnian Air sampai Pembangunan Immerse Tunnel

Investasi ekosistem kendaraan listrik LG

Selain itu, lanjut Bahlil, investasi LG untuk ekosistem kendaraan listrik mulai terealisasi sebagian pada tahun ini. Sisanya, akan dimulai pada tahun depan.

"LG dalam membangun ekosistem baterai mobil semuanya masih dalam schedule, semuanya kerja, dan realisasinya sebagiannya sudah jalan. Perlu kami sampaikan bahwa dari yang sudah ada, semuanya sudah on going. Bahkan sebagian groundbreakingnya mulai di akhir tahun ini dan sebagian di Januari (2023)," jelasnya.

Kemudian, Korea juga menanamkan modalnya untuk bekerja sama dengan PT Krakatau Steel. Hal ini dalam rangka mengembangkan baterai kendaraan listrik.

"Total dari 6,72 miliar dollar AS, ada 3,5 miliar dollar AS kerja sama Posco dengan Krakatau Steel untuk pengembangan produk baja pabrik baterai (kendaraan listrik). Seluruh perizinan dan insentifnya sudah clear," ucap Bahlil.

Baca juga: Ajakan Bahlil ke Wisudawan UGM: Kalau Tak Jadi Pengusaha, Siap-siap Asing Isi Negara Kita

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com