Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Kunjungan di Belanda, Erick Thohir Minta Pertamina Siaga Penuh Jaga Stok BBM

Kompas.com - 03/09/2022, 18:30 WIB
Nibras Nada Nailufar,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memutuskan untuk mempercepat waktu kunjungan kerja di Belanda.

Erick yang tiba di Belanda pada Jumat (2/9/2022) seharusnya menjalani sejumlah rangkaian agenda kerja sama BUMN di Belanda hingga Minggu (4/9/2022).

Namun, ia memutuskan untuk pulang lebih cepat pada Sabtu (3/9/2022) malam setelah pemberlakuan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Saya mempercepat kepulangan saya hari ini, tidak lain adalah tanggung jawab saya harus memastikan penugasan ini bisa berjalan baik," ujar Erick di tengah kunjungan kerja, Sabtu.

Baca juga: Usai Harga BBM Resmi Naik, Pertamina Jaga Stok Pertalite-Solar Secara Real Time

Pertamina harus pastikan distribusi BBM subsidi tepat sasaran

Erick mengaku sudah menelepon direksi Pertamina untuk bersiaga penuh selama tiga hari ke depan dalam memastikan pasokan hingga distribusi BBM dapat berjalan dengan baik di seluruh SPBU.

Selain memastikan pasokan aman, Erick juga akan memastikan penyaluran BBM bersubsidi lebih tepat sasaran. Salah satunya lewat sinkronisasi data MyPertamina dengan Telkom dan Kepolisian RI.

"Ini perlu waktu, tapi saya akan pulang juga salah satunya sesegera saya rapatkan bagaimana sinkronisasi data Telkom dan Pertamina ini bisa menjadi sesuatu yang baik, apalagi kalau bisa nanti kita akan saya menghadap Pak Kapolri untuk mendapat dukungan data yang namanya pelat nomor mobil dan jenisnya agar kita bisa sinkronisasi," kata Erick.

Baca juga: Harga BBM Subsidi Resmi Naik, Menteri ESDM Instruksikan Pertamina Awasi Distribusi

Firzha Yuni Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyampaikan guna mencegah penurunan kuota Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, maka harus ada pengaturan distribusi BBM bersubsidi.

Erick Thohir ke Belanda, saksikan kerja sama BUMN hingga bawa UMKM binaan

Erick menyampaikan kunjungan ke Belanda merupakan sesuatu yang telah direncanakan jauh-jauh hari. Kunjugan ini bertujuan memastikan BUMN dalam melakukan perluasan jaringan untuk menangkap potensi ekonomi serta bisnis di wilayah Eropa pasca-Brexit.

Selama di Belanda, Erick dijadwalkan menghadiri pembukaan Kantor Perwakilan BNI di Amsterdam serta menyaksikan kerja sama PT Pertamina (Persero) dengan mitra strategis di Belanda untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) sebagai alternatif energi terbarukan di Indonesia.

Baca juga: Dukung UMKM, Erick Thohir Lakukan 3 Langkah Ini

Di Belanda, Erick juga menyaksikan kerja sama BUMN dengan Friesland Campina untuk pengembangan peternakan sapi perah di Indonesia dalam rangka meningkatkan produksi susu segar dalam negeri, serta kerja sama ekspor komoditas kopi yang dihasilkan oleh Perkebunan Negara dan Perkebunan Rakyat antara BUMN dengan pengusaha di Uni Eropa.

Dalam kesempatan itu, Erick juga membawa UMKM binaan BUMN di Pameran Terbesar di Eropa, Tong Tong Fair 2022 di Den Haag.

"Itu sebabnya saya kemarin dari Papua langsung ke Belanda. Bukan apa-apa, ini karena ada kerja sama yang saya rasa sangat bagus yang tidak bisa ditunda," kata Erick.

Baca juga: Erick Thohir: Ini Bukan Kenaikan BBM, tapi Penurunan Subsidi...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com