Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibuka Merah, IHSG Tinggalkan Level 7.000

Kompas.com - 10/10/2022, 09:47 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi perdagangan Senin (10/10/2022) hari ini dibuka melemah. Dengan koreksi tersebut, indeks acuan saham nasional harus meninggalkan level psikologis 7.000.

Melansir data RTI, IHSG pagi hari ini dibuka melemah 0,47 persen ke 6.993,45. Terpantau selama 35 menit pertama perdagangan IHSG terus bergerak di zona negatif, di mana pada pukul 09.35 WIB, IHSG berada pada level 6.988,43 atau turun 0,55 persen.

Seiring dengan koreksi tersebut, sebanyak 320 saham melaju di zona merah dan 149 saham hijau. Sedangkan 175 saham lainnya stagnan. Adapun nilai transaksi mencapai Rp 3,02 triliun dengan volume 8,61 miliar saham.

Baca juga: Simak Proyeksi IHSG Hari Ini, Apa Saja Penggeraknya?

Tercatat mayoritas indeks sektoral pagi ini melemah, di mana indeks sektor industri mencatatkan koreksi paling dalam, yakni 1,51 persen. Di sisi lain, sektor kesehatan menjadi satu-satunya indeks sektoral yang menguat, yakni sebesar 1,02 persen.

Koreksi IHSG mengekor bursa regional Asia lain yang kompak bergerak di zona negatif, di mana Hang Seng Hong Kong ambles 2,43 persen, Shanghai Komposit turun 0,64 persen, dan Strait Times anjlok 1,2 persen.

Sebelumnya, Analis Artha Sekuritas Dennies Christopher memproyeksi, pada sesi perdagangan hari ini IHSG bakal melemah. Menurutnya, pada sesi perdagangan hari ini, IHSG akan bergerak dalam rentang support-resistance 6.995-7.068 dan 6.965-7.111.

Menurutnya, secara teknikal candlestick membentuk long black body dengan stochastic membentuk deadcross. Ini mengindikasikan potensi pelemahan dengan support terdekat di lower bollinger band.

"Investor akan mencermati perkembangan nilai tukar rupiah, di sisi lain, pergerakan masih akan ditekan ekspektasi kenaikan suku bunga yang lebih tinggi pada bulan depan," ucap dia.

Baca juga: Perusahaan Infrastruktur Swasta Ini Bakal Akuisisi 40 Persen Saham Tol Layang MBZ

Disclaimer: Artikel ini bukan untuk mengajak membeli atau menjual saham. Segala rekomendasi dan analisa saham berasal dari analis dari sekuritas yang bersangkutan, dan Kompas.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan atau kerugian yang timbul. Keputusan investasi ada di tangan Investor. Pelajari dengan teliti sebelum membeli/menjual saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com