Perusahaan Infrastruktur Swasta Ini Bakal Akuisisi 40 Persen Saham Tol Layang MBZ

Kompas.com - 07/10/2022, 19:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Emiten infrastruktur swasta, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META), akan mengambil alih 40 persen kepemilikan saham pengelola ruas tol layang Jakarta-Cikampek atau jalan tol layang Mohamed Bin Zayed (MBZ).

Aksi korporasi yang akan dilakukan oleh anak usaha, PT Marga Utama Nusantara (MUN), itu telah disetujui oleh para pemegang saham Nusantara Infrastructure, dalam gelaran Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB).

Baca juga: Fakta Banjir Tol BSD Km 8, gara-gara Sungai Menyempit hingga Ditargetkan Bebas dari Banjir 2023

Direktur Utama Nusantara Infrastructure Ramdani Basri mengatakan, akusisi tersebut merupakan salah satu strategi bisnis perusahaan untuk memperkuat portofolio di sektor jalan tol.

"Langkah ini tentunya juga sejalan dengan program Pemerintah untuk mendorong pertumbuhan infrastruktur wilayah berkelanjutan, dengan turut serta dalam menciptakan konektivitas antar-wilayah," kata dia, dalam keterangannya, Jumat (7/10/2022).

Lebih lanjut Ia bilang, saham sebesar 40 persen yang rencananya akan diakuisisi tersebut, nilainya setara dengan Rp 4,38 triliun, di mana perseroan berkomtmen untuk selalu menerapkan prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) dalam setiap aksi korporasi yang dilakukan.

Baca juga: Penjelasan PUPR dan Pengelola soal Tarif Tol BSD Tidak Digratiskan meski Banjir

Sebagaimana diketahui, Jalan Tol layang MBZ merupakan jalan tol layang terpanjang di Indonesia dan menjadi jalan tol bertingkat (double decker motorway) yang pertama di Indonesia karena dibangun di atas ruas tol Jakarta-Cikampek.

"Kami menilai Jalan Tol layang MBZ merupakan proyek strategis dengan prospek lalu lintas yang padat, sehingga sesuai dengan target investasi perseroan dan diharapkan dapat berkontribusi positif bagi kinerja keuangan di masa mendatang," tutur Ramdani.

Baca juga: Anak Usaha Waskita Jual Saham Tol Semarang-Batang Rp 3,8 Triliun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.