Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Lebih Produk UMKM Bakal Hadir di Festival Produk Lokal Brightspot

Kompas.com - 01/11/2022, 20:10 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival Kurasi Produk Lokal Brightspot Market akan kembali digelar pada 3 sampai 6 November 2022 di Jakarta.

Ajang festival produk UMKM lokal ini akan bertempat di rooftop Plaza Senayan, Jakarta yang juga merupakan kali pertama tempat ini dibuka untuk publik.

Brightspot Market akan hadir kembali dengan tema RENEW 2022. Tema ini sekaligus menjadikan Brightspot lebih dari sekedar menjadi platform bagi para local brand dengan talenta besar untuk tetap bertahan menjalankan bisnis dan mempertahankan siklus ekonomi sirkular.

Baca juga: 4 Kunci Memacu Bisnis Inklusif untuk UMKM

Direktur SMESCO Leonard Theosabrata mengatakan, UMKM memiliki peran yang sangat penting bagi perputaran ekonomi kreatif Indonesia.

UMKM juga merupakan sektor yang menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Agar mampu bertahan di tengah gempuran pandemi dan resesi, UMKM dan pengusaha lokal butuh dukungan dari berbagai lapisan masyarakat.

"Dengan adanya Brightspot Market 2022 ini selaras dengan anjuran Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, kolaborasi dari berbagai pihak dari bermacam sektor menjadi unsur penting dalam pengembangan UMKM," ujar dia dalam konferensi pers, Selasa (1/11/2022).

Brightspot Market sendiri telah memasuki tahun ke-13 penyelenggaraannya tahun ini.

Founder Brightspot Market dan Future10 Anton Wirjono mengatakan, beberapa brand ternama seperti Oaken Lab, Cotton Ink, Doughlab, Eatlah, Demie Bakmi dan banyak nama lain melakukan peluncuran produk di Brightspot Market.

Baca juga: Ketika Gojek Bawa Nafas Baru bagi Bisnis UMKM...

"Brightspot Market menjadi lebih dari platform bagi emerging local talent bisa berdaya di negeri sendiri tetapi juga berhasil dilirik oleh Internasional melalui coverage dari Monocle pada tahun 2013 dengan spotlight pemberdayaan independent brands," ucap dia.

Brightspot Market menerapkan kampanye belanja dengan kesadaran. dari segi sosial, kegiatan ini mengedepankan memilih produk lokal dibanding produk luar sebagai pemberdayaan sumber daya dalam negeri.

Rencananya akan ada 141 produk UMKM ritel dan 62 produk makanan yang akan meramaikan acara ini.

"Sebanyak 80 persen dari produk makanan belum pernah ikut Brightspot sebelumnya," imbuh dia.

Baca juga: Ini Jenis UMKM yang Mampu Bertahan Hadapi Resesi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com