Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Ekonomi Global Cepat Pulih, Jokowi Kembali Minta Perang Segera Diakhiri

Kompas.com - 16/11/2022, 13:24 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meminta agar perang Rusia-Ukraina segera diakhiri saat membuka Sesi Ketiga Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Bali pada Rabu (16/11/2022).

Menurut Jokowi, perang hanya akan memperlambat pemulihan ekonomi dunia. Seperti diketahui, saat ini dunia masih belum pulih sepenuhnya dari pandemi Covid-19.

"Stop the war, I repeat stop the war. Banyak hal yang dipertaruhkan. Perang hanya akan menyengsarakan rakyat, pemulihan ekonomi dunia tidak akan terjadi jika situasi tidak membaik," ujarnya saat membuka Sesi Ketiga KTT G20 di Bali, Rabu.

Baca juga: Mengintip Menu Makan Siang Khas Kuliner Nusantara untuk Peserta KTT G20

Dia melanjutkan, sebagai negara anggota G20 sudah seharusnya pemimpin yang hadir bertanggungjawab memastikan situasi global yang kondusif bagi masa depan dunia.

Pada pembukaan KTT G20 pada Selasa (15/11/2022) , Presiden Jokowi juga berpesan di hadapan para delegasi G20 untuk segera mengakhiri perang.

Pasalnya, G20 sebagai perwakilan dari 60 persen populasi dunia dan 80 persen PDB dunia bertanggungjawab atas masa depan generasi sekarang dan generasi akan datang.

Baca juga: Kala Jokowi Terus Diapit Dua Srikandi Saat Hari Pertama KTT G20...


"Bertanggungjawab berarti menghormati hukum internasional dan prinsip Piagam PBB secara konsisten. Bertanggung jawab berarti menciptakan win-win bukan zero-sum. Bertanggung jawab di sini juga berarti kita harus mengakhiri perang," ucapnya saat pembukaan KTT G20 Hari Ke-1, Selasa.

Menurutnya, jika perang tidak berakhir maka dunia akan sulit untuk bergerak maju.

Dia juga berharap anggota G20 dapat bertanggung jawab membuat dunia tidak terpecah-pecah lantaran hal tersebut menjadi salah satu penyebab perang dingin.

"Kita seharusnya tidak membagi dunia menjadi beberapa bagian. Kita tidak boleh membiarkan dunia jatuh ke dalam perang dingin lagi," ucapnya.

Baca juga: Di Sela KTT G20, Macron dan Jokowi Bahas Kerja Sama Transisi Energi hingga Proyek Alutsista Pertahanan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com